Wakil Bupati Simalungun Hadiri Pembukaan MTQ Tingkat Pelajar SMA/SMK Ke-2 Tahun 2023

Selasa, 19 Desember 2023, 22:05 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H. Zonny Waldi menghadiri Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Pelajar SMA/SMK Se-Cabang Dinas Pendidikan  Provinsi Sumut Wilayah Dapil VI Tahun 2023. MTQ tersebut berlangsung di Lapangan Sat Brimob Yon-B Pematang Siantar, Sumut, Selasa (19/12/2023).

Di awali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang dibawakan oleh Erin Zelia Nawawi dan sari tilawah dengan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Simalungun, serta pengibaran bendera LPTQ.

Dilanjutkan dengan pelantikan dewan hakim oleh Kacab Dinas Pendidikan Provinsi Sumut Wilayah IV Zuhri Bintang sekaligus baiat kepada dewan hakim oleh H. Maranaik Hasibuan.

Wakil Bupati Simalungun dalam sambutannya menyampaikan, sangat berbangga hati bisa hadir di acara yang sangat baik, sembari berharap MTQ ini dapat berlangsung dengan baik dan tertib.

Kepada para peserta, Wakil Bupati berpesan agar MTQ tidak hanya semata-mata merebut kejuaraan, tetapi mari jadikan momentum ini sebagai kegiatan pendalaman cinta kita kepada Al Qur'an, dan mampu mengimplementasikan isi dari Al Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

"Sebagai generasi penerus bangsa, mari kita mendalami isi kandungan Al Qur'an, karena melalui pendalaman Al Qur'an akan mempunyai bakti yang baik," ajak Wakil Bupati.

Kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sumut, Wakil Bupati berharap agar Kegiatan MTQ Tingkat Pelajar ini dapat di adakan di Kabupaten Simalungun. 


Sementara itu, Wali Kota Siantar dr. Susanti Dewayani dalam sambutannya antara lain menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda Islami Dengan kualitas Yang baik .

"MTQ ini juga bertujuan untuk membumikan Al-Qur'an supaya dipahami dan dapat di implementasikan kedalam kehidupan," kata Walikota.

"Kepada peserta, kalah menang bukan tujuan yang utama tetapi raihlah kebaikan itu di dalam Al Qur'an dan saya apresiasi kepada panitia seluruhnya," imbuh Wali Kota.

Sebelumnya, M Syahrizal Damanik selaku panitia melaporkan, peserta yang mendaftar mengikuti MTQ yang berlangsung sejak 19 s/d 21 Desember 2023 sebanyak 663 peserta dari 72 Sekolah di wilayah Kota Pematang Sintar dan Kabupaten Simalungun. 

Adapun cabang di perlombakan yaitu Cabang Mujawwad, Cabang Tahfiz , Cabang Fahmil Qur'an, Cabang Syarhil Qur'an dan Cabang Khottil Qur'an.

Tampak hadir antara lain, Anggota DPRD Provsu Gusmiyadi dan Zulkifli, Danrem 022/PT di wakili Mayor inf Fahroel, Danrindam diwakili Mayor R. Pohan, Kapolres siantar di wakili AKP P. Butar butar, Danki Brimob Iptu Roni Sarko dan undangan lainnya.*

(PN)

TerPopuler