Wakil Bupati Simalungun Terima Kunker Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara

Kamis, 14 Desember 2023, 20:15 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H. Zonny Waldi menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi A DPRD Provinsi Sumut di Kantor Sekretariat Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Sumut, Kamis (14/12/2023).

Komisi A DPRD Provinsi Sumetera Utara yang melakukan Kunker di Kabupaten Simalungun terdiri dari Mhd Andr Alfisa H (ketua komisi A), H. Rusdi lubis, (Wakil Ketua Komisi A), Sumihar Sagala, dan Ricky Anthony.

Rombongan Komisi A DPRD Provinsi Sumetera Utara ini didampingi Badan Kesbangpol dan Biro Hukum Setda Provinsi Sumatera Utara, yang selanjutnya melakukan pertemuan di Ruang Rapat Sekda Kabupaten Simalungun.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Simalungun mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Komisi A Provinsi Sumatera Utara atas kunjungannya di Kabupaten Simalungun.

Selanjutnya, Wakil Bupati menjelaskan tentang topografi Kabupaten Simalungun. Dijelaskan, jumlah populasi penduduk di Kabupaten Simalungun sebanyak 1 juta jiwa lebih yang tersebar di  32 Kecamatan, 386 nagori dan 27 kelurahan.

"Dari jumlah penduduk tadi, jumlah pemilih sebanyak 743.271 jiwa yang sudah memiliki hak pilih dan ada 3.052 TPS (Tempat Pemungutan Suara)," jelas Wakil Bupati.

Menurut Wakil Bupati, bahwa Pemkab Simalungun memiliki komitmen untuk mensukseskan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.  

"Sesuai dengan amanah undang-undang Pemkab harus menfasilitasi pembiayaan, dan alokasi dana untuk KPU dan sudah di anggarkan pada Tahun 2023 dan Tahun 2024," kata Wakil Bupati.


Disamping itu, Wakil Bupati menyebutkan, Pemkab Simalungun juga menyiapkan anggaran dana hibah untuk mensukseskan Pilkada Tahun 2024.

Menyinggung soal infrastruktur jalan di Kabupaten Simalungun yang kondisinya masih membutuhkan perhatian, Wakil Bupati berharap kepada Komisi A DPRD Sumut agar memberikan perhatian dalam pembanguan jalan di Kabupaten Simalungun.

Terkait situasi dan kondisi keamanan, Wakil Bupati mengatakan, hingga saat ini kondisi keamanan di Simalungun kondusif, dan kondisi diharapkan tetap kondusif hingga pesta demokrasi Pemilu 2024 dan pasca Pemilu mendatang.

Sementara itu, Ketua komisi A DPRD Provinsi Sumut, Mhd Andri Alfisa menjelaskan, bahwa kehadiran pihaknya di Kabupaten Simalungun  untuk berdiskusi tentang kesiapan Pemilu 2024 di Kabupaten Simalungun.

"Kami hadir disini untuk berdiskusi tentang Pesta demokrasi yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Dan kami meminta saran dan masukan yang nantinya akan kami sampaikan ke Pemprov Sumatera Utara," kata Andri Alfisah.

Andri juga menjelaskan, bahwa saat menuju Kantor Bupati Simalungun di Pamatang Raya pihaknya juga melihat pengerjaan ruas jalan Provinsi. "Ini juga akan kami lihat sudah sesuai apa belum pengerjaannya, dan hasil pertemuan ini akan kami sampaikan ke Pemprov Sumatera Utara," ujar Andri.

Dalam kesempatan itu, KPU Simalungun diwakili Anselmus Ginting menjelaskan kesiapan pihaknya dalam pelaksanaan Pemilu mendatang. "Sinergitas KPU dengan Pemerintah Kabupaten Simalungun sangat baik," ujarnya. 

Pertemuan tersebut diakhiri dengan pemberian cendra mata berupa plakat dan aksesoris Simalungun berupa stola kepada rombongan Komisi A DPRD Sumut. Selanjutnya, kepada Wakil Bupati disematkan ulos oleh Ketua Komisi A DPRD Sumut. 

Tampak hadir mendampingi wakil Bupati antara lain, Asisten Administrasi Umum Akmal H. Siregar, dan sejumlah pimpinan perangkat daerah dilingkungan Pemkab Simalungun.*

(PN)

TerPopuler