Bupati Simalungun Lantik 33 Pejabat Administratur dan Pengawas

Rabu, 31 Januari 2024, 22:07 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Esron Sinaga melantik 33 pejabat Administratur dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, berlangsung di pendopo rumah dinas Bupati Simalungun Pamatang Raya, Sumut, Rabu (31/1/2024).

Sebagai saksi Kepala Badan Kepegawaian, Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Albert R. Saragih dan Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil, Tiarli Sinaga dan rohaniawan Islam, Kristen dan Katholik.

Pelantikan pejabat itu sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kemdagri) Nomor: 800.1.3.1-6571 DUKCAPIL Tahun 2023, Kep.mendagri Nomor: 800.1.3.3-86 DUKCAPIL Tahun 2024, Kep.mendagri Nomor: 800.1.3.3-87 DUKCAPIL Tahun 2024, Kep.mendagri Nomor: 800.1.3.3-88 DUKCAPIL Tahun 2024 dan SK Bupati Simalungun Nomor:100.3.3/6/2024.

Dalam kesempatan tersebut Sekda membacakan sambutan tertulis Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Sekda berpesan kepada pejabat yang dilantik agar dalam bekerja menggunakan waktu dan sarana dengan efektif dan efisien serta menerapkan dan tegakkan disiplin dalam segala aspek kehidupan, dan patuhi norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Khusus kepada pejabat Administratur dan pengawas pada Dinas Dukcapil yang dilantik, Sekda mengingatkan bahwa Dinas Dukcapil merupakan salah satu perangkat daerah yang bersentuhan dengan masyarakat.

"Banyak peraturan yang harus diperhatikan kaitan dalam pembuatan dan penerbitan dokumen catatan sipil," kata Sekda.

Oleh karena itu, Sekda berpesan agar pejabat yang dilantik di Dinas Dukcapil selalu memperbaharui ilmunya dan mengedepankan pelayanan prima kepada masyarakat Kabupaten Simalungun.


Kepada para Lurah yang dilantik, Sekda meminta agar segera beradaptasi  dan mengenali wilayahnya, jalin komunikasi yang baik dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat agar wilayah yang dipimpin dapat kondusif.

"Berikan makna dan ketulusan dalam setiap karya dan pekerjaan yang saudara lakukan. Manfaatkan keahlian untuk membantu sesama dan mengabdi demi kemajuan bangsa," ucap Sekda

"Dan menjadi bentuk rasa syukur kepada Tuhan berikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan Kabupaten Simalungun," sambung Sekda.

Selanjutnya, Sekda menyampaikan, Tahun 2024 merupakan tahun pesta demokrasi pemilihan legislatif untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, kabupaten dan kota.

Secara bersamaan, Sekda mengatakan, di Tahun 2024 juga dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2024-2029, kemudian pemilihan gubernur, Bupati/ Wali Kota secara serentak.

Untuk itu Sekda berharap agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Simalungun ikut serta mensukseskan pesta demokrasi yang sebentar lagi akan dilaksanakan. "Jaga netralitas dan tidak berpihak kepada satu calon," tandas Sekda.

Pelantikan para pejabat tersebut ditandai dengan penandatangan berita acara pelantikan dan fakta integritas, serta penyematan tanda jabatan kepada 5 orang lurah yang di lantik.*..

(PN)

TerPopuler