Bupati Simalungun Resmikan Jalan Penghubung Nagori Siboras Dengan Nagori Saribu Jandi

Kamis, 18 Januari 2024, 21:34 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga meresmikan Jalan Kabupaten Penghubung Nagori Siboras dengan Nagori Saribu Jandi Kecamatan Pamatang Silimahuta,  Simalungun,  Sumut,  Kamis (18/1/2024).

Peresmian jalan tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati didampingi Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadranus Yossy bersama Ketua Program Studi S3 Kepemimpinan dan inovasi kebijakan sekolah pascasarjana UGM Bapak Prof. Dr. Agus Heruanto Hadna.

"Hari ini kita patut bersyukur kepada Tuhan atas apa yang kita capai hari ini khusus di Kecamatan Pematang Silimakuta ini. Dimana Pemerintah Simalungun melalui Dinas PUTR telah mengelontorkan anggarannya sekitar Rp. 8 Milyar untuk  pembangunan jalan di sini," kata Bupati dalam sambutannya.

Disampaikan Bupati, jalan ini merupakan penunjang Perekonomian bagi masyarakat di Kabupaten Simalungun. "Banyak hasil pertanian yang dapat di angkat dan di kirimkan dengan mudah dan lancar melalui jalan ini," kata Bupati. 

Memurut Bupati, melalui Dinas PUTR (Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) Pemkab Simalungun membangun jalan di Kecamatan Pamatang Silimakuta dibagi menjadi tiga paket perbaikan jalan, yakni paket 1: Rakut Besi - Saribu Jandi, paket 2: Saribu Jandi - perbatas Kabupaten Karo, dan paket 3: Tigaraja - Rakut Besi, dengan  panjang sekitar 3.467 meter.

"Dan ke depan kita akan siapakan beberapa alat berat untuk pemeliharaan jalan di Kabupaten Simalungun, baik itu di Simalungun atas, atau Simalungun yang bawah," kata Bupati. 

"Kita juga berharap, ke depan Pemerintah Kabupaten Simalungun bisa mendapatkan anggaran yang lebih besar lagi dari Pemerintah Pusat untuk membangun Kabupaten Simalungun yang kita cintai ini," imbuh Bupati.


Dalam kesempatan tersebut, Neatehi Sembiring, selaku tokoh masyarakat Nagori Saribu Jandi mengucapkan terima kasih atas pembangunan jalan yang di lakukan Pemerintah Simalungun yang dipimpinan Radiapoh Hasiholan Sinaga sebagai Bupati Simalungun. 

"Terima kasih kepada Bapak Bupati Simalungun yang telah memberikan perhatian terhadap jalan kami. Sudah sangat lama sekali jalan kami ini tidak tersentuh pembangunan," ucapnya.

"Dan baru di zaman Bapak Bupati inilah hari ini barulah ada pembangunan atau perhatian dari pemerintah Kabupaten Simalungun, dan baru kali ini lah kami masyarakat Saribu Jandi merasakan merdeka jalan," sebut Neatehi. 

Sebelumnya, usai melakukan pengguntingan pita,  Bupati bersama Dandim dan Ketua Program Studi S3 UGM melakukan pemetikan jeruk madu milik Antober Tarigan.

Dalam kesempatan ini, Bupati menjelaskan masalah yang sering di hadapi petani jeruk di Simalungun yakni lalat buah, yang bisa merusak panen petani jeruk di Simalungun. 

"Banyak biaya produksi yang di keluarkan  hanya untuk penaganan lalat buah ini," kata Bupati sembari berharap melalui Prof. Dr. Agus Heruanto Hadna perwakilan UGM bisa memberikan solusi dalam masalah lalat buah ini.

Tampak hadir mendampingi Bupati antara lain, Kedis PUTR Hotbinson Damanik,  Ketua TP PKK Ny Radiapoh Hasiholan Sinaga, Camat Pamatang Silimahuta dan Pangulu Saribu Jandi serta undangan lainnya.*

(PN)

TerPopuler