Kapolda Bali Lapor ke Kapolri, Perayaan Malam Tahun Baru 2024 di Pulau Dewata Aman Terkendali

Senin, 01 Januari 2024, 15:50 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, M.Si., bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menggelar video conference atau vicon dengan Kapolda di seluruh Indonesia untuk memantau situasi keamanan di malam perayaan tahun baru 2024, Minggu (31/12/2023) malam.

Kapolda Bali, Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.H., M.Si., bersama Pj. Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya dan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., mengikuti kegiatan vicon tersebut di Discovery Mall Kartika Plaza, Kuta, Badung. 

Bali sebagai barometer keamanan Indonesia, mendapat atensi dari Kapolri. Jenderal lulusan Akpol tahun 1991 ini meminta kepada Kapolda Bali untuk melaporkan situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Bali saat malam pergantian tahun 2024.

Kepada Kapolri, Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.H., M.Si., melaporkan bahwa situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Bali dan jajaran menjelang malam pergantian tahun 2024 relatif aman terkendali. 

Namun demikian, ada beberapa titik di Bali terjadi peningkatan arus lalu lintas kendaraan yang disebabkan oleh meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara yang berlibur maupun ingin merayakan tahun baru di Bali.

Namun kondisi tersebut dapat segera diatasi melalui kerja sama yang baik dengan stakeholder terkait dan unsur keamanan lokal seperti pecalang.
 

Terkait dengan pengamanan malam pergantian tahun 2024, Polda Bali dan jajaran telah menggelar personel pengamanan sebanyak 1.699 personel untuk mengamankan kegiatan peribadahan di gereja, objek wisata dan lokasi malam pergantian tahun baru maupun jalur padat lalu lintas.
 
Sementara, terkait dengan perayaan malam pergantian tahun baru, terdapat beberapa lokasi di Bali yang menjadi titik kumpul bagi masyarakat maupun wisatawan, seperti di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pasar Seni Kuta, depan Beach Walk Kuta dan di Discovery Mall Kartika Plaza.

Selain itu, Polda Bali juga telah menyiagakan personel pengamanan dan pengaturan lalu lintas pada beberapa titik, seperti wilayah Petitenget, Canggu, Kuta Utara, wilayah Mengwi dan Abiansemal, Badung. 

"Pada kesempatan kali ini, kami bersama bapak Pj. Gubernur Bali, Pangdam IX/Udayana dan unsur Forkompinda terkait melaksanakan kegiatan pemantauan situasi Kamtibmas tahun baru di pos kotis Discovery Mall, Kuta. Situasi di seputaran terpantau cukup ramai masyarakat yang lalu-lalang," kata Kapolda Bali.

"Kami telah memploting personel pengamanan baik pengamanan terbuka maupun tertutup dibeberapa obyek wisata yamg dijadikan lokasi malam pergantian tahun baru kali ini, terutama disepanjang wilayah Kuta dan Kuta Utara untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas," imbuh Kapolda Bali.*

(Nisa)

TerPopuler