Kapolda Gorontalo Pimpin Upacara Tradisi Penyambutan Bintara Remaja Angkatan 50 dan Tamtama Remaja Angkatan 51 TA. 2023

Kamis, 11 Januari 2024, 17:34 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Gorontalo - Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo, Irjen Pol Drs. Angesta Romano Yoyol, M.M., pada Rabu kemarin 10 Januari 2024 telah memimpin langsung Upacara Tradisi Penyambutan Bintara Polri Tugas Umum, Bintara Brimob serta Bintara Polairud dan Tamtama Polri lulusan Watukosek T.A 2023 bertempat di Lapangan Apel Mapolda Gorontalo. Kamis (11/1/2024).

Sebelum mengikuti upacara penyambutan, Bintara dan Tamtama Polri tersebut melaksanakan bakti sosial dengan membersihkan sampah di sekitaran Terminal, Pasar Limboto dan Masjid Nurul Huda, kemudian dilanjutkan kegiatan Jalan Juang yang di iringi Drum Band Polda Gorontalo mulai dari Terminal Limboto dan finish Mako Polda Gorontalo.

Adapun Tradisi penyambutan Bintara Baru sebanyak 259 personel diantaranya Polisi laki-laki sebanyak 251 Polki dan Polisi wanita sebanyak 8 Polwan, dengan rincian : Bintara PTU (Polisi Tugas Umum) lulusan SPN Polda Gorontalo sebanyak 229 Polki dan 8 Polwan Lulusan Sepolwan. Kemudian Bintara Brimob lulusan Watukosek sebanyak 5 Personil, Bintara Polairud Lulusan Pusdik Airud 2 Personil serta Tamtama Polri sebanyak 15 Personil Lulusan Watukosek.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan Upacara Tradisi Penyambutan yang dipimpin oleh Kapolda Gorontalo yang ditandai dengan Prosesi Penyiraman Air Suci (kembang) dan Penandatanganan Pakta Integritas dari perwakilan Bintara Baru.

Dalam sambutannya, Kapolda Gorontalo mengatakan bahwa Bintara dan Tamtama Remaja ini akan menjadi penyangga Polri khususnya di Polda Gorontalo dalam menjalankan tugasnya, agar apa yang menjadi harapan masyarakat dapat terwujud.


Kapolda Gorontalo mengatakan, bahwa Polda Gorontalo memiliki Tanda Induk kesatuan dengan sebutan "Mo’odelo Ayuwa"  yang memiliki makna "Menjadi Teladan Terbaik".

”Mo’odelo Ayuwa memiliki makna yang sangat besar untuk itu sebagai anggota Polri yang akan bertugas di lingkungan Polda Gorontalo tentunya wajib memiliki sikap keteladanan, dapat menjaga diri, menghindari perilaku yang menyimpang dari Peraturan Perundang-undangan, kode etik dan peraturan disiplin Polri serta wajib memperbanyak wawasan supaya dapat bergaul di tengah masyarakat, sehingga akan memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Institusi Polri,” ungkap Kapolda.

Ditempat yang sama Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Desmont Harjendro A.P, S.I.K., M.T.,  yang hadir dalam Upacara Tradisi, mengatakan, acara ini bertujuan untuk menyiapkan Bintara dan Tamtama Remaja agar siap turun ke masyarakat guna melaksanakan tugas dan fungsi Kepolisian.

“Jadi kegiatan ini  sebagai kegiatan simbolis dalam menyiapkan Bintara dan Tamtama Remaja yang baru saja lulus agar menjadi Polisi yang benar-benar dapat melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta melakukan penegakan hukum yang berkeadilan,” imbuhnya.*

(Idrak)

TerPopuler