Kapolres Pematang Siantar Terima Kunker Tim Investasi Dumas Terpadu Polda Sumut

Kamis, 25 Januari 2024, 21:01 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Pematang Siantar -  Kapolres Pematang Siantar AKBP Yogen Heroes Baruno, S.H., S.I.K., menerima kunjungan kerja (Kunker) Tim Investasi Dumas Terpadu Polda Sumut dipimpin Kombes Pol Budiman Bostang selaku Ketua Tim pada Polres Pematang Siantar dan Polres Simalungun, Kamis, (25/1/2024), pagi pukul 09.00 WIB. 

Dalam sambutannya, Kapolres Pematang Siantar AKBP Yogen Heroes Baruno, S.H., S.I.K., menyampaikan selamat datang kepada ketua tim dan anggota Tim Investigasi Dumas Terpadu dari Polda Sumut dan juga kepada Polres Simalungun yang hadir pada saat ini di Polres Pematang Siantar. 

"Untuk kegiatan kita pada pagi hari ini adalah bertujuan untuk menyatukan persepsi terkait adanya pengaduan masyarakat terhadap kinerja personil kita sehingga perlunya dilakukan klarifikasi terkait dengan adanya temuan-temuan untuk di asistensi apa-apa yang masih kurang dalam hal tersebut," terangnya.

"Sehingga pengaduan masyarakat terjawab dengan clear dan tidak menjadi permasalahan yang berlarut-larut. Dengan intinya apa yang sudah dilakukan para penyidik yang biasanya yang mendapat Dumas itu adalah penyidik yang menangani kasus yang mungkin tidak sesuai yang diharapkan si pengadu," sambungnya.

Dengan adanya kegiatan ini, lanjutnya, kita berharap bisa satu persepsi dengan adanya asistensi dan bantuan moril terhadap penyidik-penyidik ini sehingga kejelasan dari kasus-kasus tersebut dapat dijelaskan kepada si pendumas dan kemudian ini tidak menjadi permasalahan bagi penyidik itu sendiri.

"Terima kasih kepada tim yang hadir, semoga dengan kehadiran tim dari Polda Sumut permasalahan- permasalahan yang ada di polres Pematang Siantar maupun Polres Simalungun semuanya clear. Semoga ke depan menjadi batu pijakan kita untuk melaksanakan tugas untuk lebih baik," imbuhnya.


Sementara Ketua Tim Investigasi Dumas Terpadu Kombes Pol Budiman Bostang Panjaitan, S.H., S.I.K., M.H., mengucapkan terima kasih atas kehadiran kedua Polres saat ini. "Kita sama- sama mengetahui Kapolres Simalungun masih ada kegiatan kasus laka lantas. Untuk itu, saya mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya ke 6 orang atas kejadian tersebut, kita semua tidak ada yang menginginkan kejadian tersebut namun sudah terjadi tinggal penangananya dan ini merupakan bahan masukan kepada Kapolres Siantar dan Simalungun," ucapnya. 

Lebih lanjut disampaikan Kombes Budiman, kehadiran tim saat ini adalah untuk melakukan klarifikasi adanya Dumas kepada kedua Polres Siantar dan Polres Simalungun. 

"Di Sini saya merangkaikan sosialisasi Kegiatan Program Prioritas Polri (KP2) yang diawali audit investigasi Dumas, dimana Polres Simalungun ada 14 Dumas dengan rincian 9 Dumas dari itwasda 5 dari Propam Polda Sumut. Demikian juga dengan Polres Pematang Siantar ada 9 Dumas dengan rincian 7 dari Itwasda dan 2 dari Propam Polda," tegasnya.

Lebih lanjut kata, Kombes Pol Budiman mengatakan, bahwa ini akan kita klarifikasi dan kedatangan kita sebagai konsultan sehingga segera diberikan jangan sampai kita yang di Dumas ini apatis karena di Dumas ini tidak bisa kita menghindar, benar saja kita kerja pasti di Dumas tetapi kebanggaan kita sebagai anggota Polri. Apabila Dumas itu tidak terfaktakan seperti kasus viral di Polres Tanah Karo sesuai dari hasil klarifikasi tidak terfaktakan. 

"Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi berkaitan dengan Dumas ini kita tidak bisa kita hilangkan tetapi kita bisa meminalisir dengan melaksanakan tugas dengan baik," tuturnya.

Usai menyampaikan kata sambutan,  Tim Investasi Dumas Terpadu Polda Sumut melakukan pendalaman.

Hadir dalam kunker itu Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., Kasubbag Dumasanwas Itwasda Polda Sumut Kompol.Drs. Pantas Sinaga, S.H., M.H., Kasubbag Yanduan Bidpropam Kompol.Efianto, Kaurtouring Subbag Dumasanwas AKP Ennik Restiyana, Pamin 2 Subbag Dumasanwas Ipda Tika Aulia S.Pd., Waka Polres Pematang Siantar Kompol Pardamean Hutahaean, S.H., S.I.K., M.H., Wakapolres Simalungun Kompol Henrik Situmorang, M.M., serta PJU, Para Objek Dumas Terpadu Polres Pematang Siantar dan Polres Simalungun.*

(PN)

TerPopuler