Kapolres Simalungun Pimpin Anev Bulanan

Jumat, 19 Januari 2024, 02:01 WIB
Oleh Arifin Soeparni


SNIPERS.NEWS | Simalungun - Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., memimpin langsung kegiatan Analisis dan Evaluasi (Anev) bulanan yang melibatkan seluruh Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas sejajaran Polres Simalungun. 

Rapat ini diselenggarakan di Aula Andar Siahaan Polres Simalungun pada Kamis, (18/1/2024), dari pukul 12:00 WIB hingga selesai.

Dihadiri oleh Kasat Binmas Polres Simalungun AKP Hengky B. Siahaan, S.H., bersama perwira dan brigadir Polres Simalungun, sesi ini bertujuan untuk menguatkan fungsi Bhabinkamtibmas dalam berbaur dan memiliki peran efektif di masyarakat. Kapolres mengajak seluruh peserta untuk lebih menggali dan memahami regulasi yang mengatur tugas fungsi Bhabinkamtibmas, sehingga mereka dapat menangani berbagai permasalahan sosial secara lebih efektif.

Salah satu fokus utama arahan Kapolres adalah pentingnya Bhabinkamtibmas dalam melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan di wilayahnya.

"Bhabinkamtibmas harus bisa berbaur dengan baik bersama masyarakat dan harus punya peran di daerahnya masing-masing," tegas AKBP Choky Sentosa Meliala.


Beliau juga menekankan betapa krusialnya tugas Bhabinkamtibmas dalam mempelajari peraturan-peraturan yang mendukung tugas mereka, berkoordinasi dengan 3 pilar di daerah masing-masing untuk menyelesaikan pengaduan dari masyarakat, serta melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat.

Selain itu, Kapolres menggarisbawahi pentingnya menciptakan Pos Siskamling yang aktif dan bekerja sama dengan Kapolsek setempat.

"Setiap kegiatan yang dilakukan harus dilaporkan dengan baik dan dikerjakan dengan serius," tambah beliau.

Kegiatan Anev bulanan ini diharapkan menjadi langkah maju bagi Polres Simalungun dalam mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas, yang tak hanya menjadi mata dan telinga kepolisian di lapangan, tetapi juga menjadi pembina dan pengayom masyarakat.*

(PN)

TerPopuler