Operasi Lilin Toba 2023 Berhasil Jaga Kondusivitas Wilayah Simalungun Selama Perayaan Tahun Baru

Senin, 01 Januari 2024, 16:21 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Operasi Lilin Toba 2023 yang dilaksanakan oleh Polres Simalungun pada libur malam pergantian tahun baru telah sukses menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama perayaan tahun baru. Dipimpin oleh Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., operasi ini terbentang dari Minggu (31 Desember 2023) hingga Senin (01 Januari 2024), dimulai pukul 17.00 WIB hingga selesai.

Perayaan tahun baru di wilayah kabupaten Simalungun, khususnya di pusat-pusat keramaian seperti Kota Wisata Parapat dan Alun-alun Open Stage Pagoda di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, berlangsung dengan aman dan kondusif. Pemantauan dilakukan oleh personel kepolisian terdiri dari berbagai kepangkatan dan unit, termasuk Kapolsek sejajaran dan perwira dari berbagai divisi di Polres Simalungun.

Salah satu aksi kepolisian yang menjadi sorotan adalah patroli yang dilakukan Kapolres Simalungun menggunakan sepeda motor untuk mengatur arus lalu lintas, memperlihatkan pendekatan yang lebih personal dan tanggap terhadap dinamika keadaan di lapangan. Kegiatan pesta kembang api yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten berjalan lancar tanpa insiden, dan masyarakat yang berpartisipasi membubarkan diri dengan tertib setelah acara berakhir.

Dengan pengamanan yang ketat dan terkoordinasi, Polres Simalungun menjamin libur pergantian tahun baru di wilayah Kabupaten Simalungun berlangsung dalam suasana yang damai dan menyenangkan. Hal ini merupakan manifestasi tanggung jawab kepolisian dalam menjamin keamanan serta memberikan rasa aman bagi para pelaku perayaan tahun baru.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., saat memimpin apel konsolidasi menyampaikan kepada personel yang bertugas melaksanakan pengamanan malam tahun baru. Pada kesempatan berbahagia ini menyampaikan rasa sukacita dan syukur kita semua karena telah dapat melalui momen perayaan tahun baru dengan penuh kedamaian dan kenyamanan. 

"Operasi Lilin Toba 2023 yang kita jalankan bersama telah memberikan hasil yang menggembirakan, yakni terjaganya kondusivitas dan ketertiban wilayah Simalungun di saat perayaan pergantian tahun," tuturnya.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh personel Polres Simalungun dan semua pihak yang telah bekerja keras, bahu-membahu menjaga keamanan masyarakat selama masa liburan ini. Kerja keras kita tidak sia-sia, dan ini tercermin dari lancarnya acara serta kebersamaan yang kita ciptakan di malam yang spesial tersebut," sambungnya.


"Saya juga ingin mengapresiasi kerjasama dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat yang telah menunjukkan kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Tanpa hal itu, pencapaian ini tidak akan mungkin terwujud," terangnya.

Pada akhirnya, keamanan dan ketertiban merupakan tanggung jawab kita bersama. Polres Simalungun berkomitmen untuk selalu hadir sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

"Kedepannya ada beberapa hari lagi kita masih melaksanakan operasi lilin toba ini, mari kita terus bekerja keras dan berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menciptakan lingkungan yang selalu kondusif bagi setiap warga Simalungun dan tuan rumah yang baik bagi para wisatawan di Parapat ini," jelasnya.

"Mari kita jadikan keberhasilan ini sebagai motivasi untuk terus memelihara kebersamaan dan kekompakan. Semoga di tahun yang baru ini, kita semua akan diberi kesehatan, dan semangat baru untuk berkarya demi kemajuan Simalungun yang kita cintai," ujar AKBP Ronald.

Operasi Lilin Toba 2023 yang telah direncanakan secara matang dan dijalankan dengan maksimal oleh seluruh personel Polres Simalungun menandakan dedikasi Polri dalam mewujudkan situasi yang kondusif di tengah-tengah masyarakat, khususnya dalam moment yang memiliki nilai penting sebagaimana pergantian tahun baru.

Penutupan dari operasi tersebut tidak hanya memberikan kepuasan bagi warga yang merayakan, tetapi juga meningkatkan kepercayaan publik terhadap kepolisian dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Kabupaten Simalungun.*

(PN)

TerPopuler