Operasi Senyap Jatanras Polres Simalungun Tangkap Sindikat Pencuri Spesialis Congkel Pintu Rumah

Rabu, 24 Januari 2024, 22:36 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Ketiga pelaku pencurian yang telah menjadi residivis kembali tertangkap tangan oleh tim Jatanras Polres Simalungun atas tindakan pencurian dengan pemberatan di sebuah rumah kontrakan milik warga setempat.

Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., melalui Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP Ghulam Yanuar Lutfi, S.T.K., S.I.K., M.H., saat dikonfirmasi menjelaskan, kejadian tersebut pada Senin, 8 januari 2024 dini hari. "Sebuah rumah yang berlokasi di Jalan Medan KM. 8,5 Gang Titi Gantung, Kelurahan Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun menjadi sasaran para pelaku pencurian, dipecah dan masuk oleh penjahat yang beraksi dengan cara mencongkel engsel pintu bagian belakang, "ucap AKP Ghulam. Rabu (24/1/2024).

Lebih lanjut Kasat Reskrim menyampaikan, bahwa pemilik rumah yang merupakan seorang wiraswasta berumur 27 tahun, menyatakan kehilangan sejumlah barang berharga termasuk satu unit motor Honda Vario, laptop, handphone, serta dokumen-dokumen penting lainnya.

"Berdasarkan laporan polisi yang disampaikan korban bahwa total kerugian yang diderita oleh korban diperkirakan mencapai Rp. 33,3 juta dan para saksi juga turut memberikan keterangan yang membantu proses penyelidikan atas kasus tersebut," ujar AKP Ghulam.

Berdasarkan laporan polisi yang diterbitkan Sat Reskrim Polres Simalungun melalui Tim Jatanras langsung melalukan penyelidikan. "Penangkapan para pelaku pencurian berawal dari laporan dan penyelidikan intens yang dilakukan oleh Personil Operasional Jatanras,  pada Senin, 22 Januari 2023 sekira 20.00 WIB, Personel Opsnal Jatanras mendapat informasi bahwa salah seorang dari yang diduga pelaku pencurian inisial RR (37) sedang berada di wilayah Kelurahan Naga Pitu Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematang Siantar.

Mengetahui hal tersebut, dilakukan pengejaran oleh Tim Jatanras dan berhasil mengamankan RR (37) bersama rekannya SM (21) dari dalam rumah yang terletak di Kelurahan Naga Pitu Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematang Siantar.


Saat dilakukan introgerasi kepada keduanya mengakui perbuatannya dan menjelaskan peran masing-masing bahwa RR (37) berperan mengantar pelaku, SM (21) serta RG (26) dengan menggunakan speda motor Yamaha Mio menuju lokasi pencurian.

"SM (21) serta RG (26) merupakan pelaku pencurian dengan modus mencongkel engsel pintu bagian belakang rumah korban pencurian tersebut dan dari penangkapan tersebut personel berhasil mengamankan RR (37) dan SM (21) bersama dengan barang bukti berupa satu unit handphone Samsung A21S warna putih, satu unit sepeda motor Yamaha Mio, dan sebuah obeng, " jelas AKP Ghulam.

"Kemudian personil opsnal Jatanras kembali melakukan penyelidikan terhadap keberadaan pelaku RG (26) dan pada Selasa, 23 Januari 2023 sekira pukul 06.00 WIB diamankan pelaku RG (26), berhasil diamankan dari dalam rumahnya di daerah Jalan Makmur, Kelurahan asuhan, Kecamatan Siantar Timur Kota Pematang Siantar.

Tim Jatanras juga masih melakukan pencarian terhadap motor Honda Vario milik korban, yang diperkirakan telah dijual oleh pelaku lewat grup pasaran gelap di media sosial Facebook.

"Ketiga pelaku ini diketahui telah memiliki catatan kriminal sebelumnya di wilayah hukum Polres Simalungun dan Polres Pematang Siantar. Saat ini, para pelaku beserta barang bukti ditahan di kantor Unit I Jatanras Satreskrim Polres Simalungun untuk proses penyidikan lebih lanjut dan pengembangan kasus," pungkas AKP Ghulam.

Tim kepolisian mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan terhadap harta benda, serta segera melaporkan kepada pihak berwajib apabila mengetahui adanya tindakan kriminal di lingkungan sekitar.*

(PN)

TerPopuler