Pj Gubsu Bersama Bupati Simalungun Tanam Bibit Pohon di Kelurahan Sipolha Horisan

Minggu, 14 Januari 2024, 19:50 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon serentak di seluruh wilayah Indonesia tanggal 14 Januari 2024.

Kegiatan penanaman pohon tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin berlangsung di Serang, Provinsi Banten.

Secara virtual zoom, kegiatan ini juga di ikuti oleh seluruh Provinsi se-Indonesia. Di Sumatera Utara kegiatan penanaman pohon ini di pusatkan di UPSA KTH Sipolha Horison, Kelurahan Sipolha Horison Kecamatan Pematang Sidamanik, Simalungun, Sumut, Minggu (14/1/2024).

Kegiatan penanaman pohon di Sipolha Horisan di hadiri langsung oleh Pj Gubernur Sumatera Utara DR  Hassanudin dan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga. 

Melalui vidio conference, Menteri LHK RI  Siti Nurbaya mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah nyata untuk mengatasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup dan mendukung percepatan rehabilitasi hutan dan lahan.

"Kegiatan ini juga menjadi rangkaian dari agenda penanaman serentak yang telah dilaksanakan tanggal 30 Desember 2023 lalu, dan akan dilanjutkan dengan penanaman pada bulan Februari sampai April 2024," jelas Menteri LHK. 

Menurut Menteri LHK, lokasi penanaman pada areal terbuka atau ruang terbuka hijau, lahan yang perlu dipulihkan, areal lingkungan/halaman sekolah, areal fasilitas umum atau memperluas/melanjutkan penanaman pada lokasi penanaman sebelumnya melalui partisipasi  aktif masyarakat dan pihak terkait di seluruh wilayah.


Bibit pohon yang ditanam adalah jenis-jenis yang sesuai dengan kondisi agroklimat setempat, seperi bibit kayu-kayuan, penghasil Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), buah-buahan, dan jenis multi-purpose tree species (MPTS).

Bibit pohon yang akan di tanam berasal dari persemaian-persemaian KLHK yang tersebar di seluruh Indonesia, baik yang berasal dari pusat-pusat persemaian skala besar, persemaian permanen maupun pembibitan lainnya.

Di Sipolha Horisan, Simalungun, bibi pohon yang di tanaman sekitar 200 batang bibit pohon, penanaman diawali oleh wakil Presiden Ma'ruf Amin dari Serang, Banten, selanjutnya di ikuti secara serentak oleh seluruh daerah di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Simalungun melakukan penanaman bibit Pohon jenis Alpukat yang  di dampingi Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Usai melakukan penanaman, Bupati menyampaikan apresiasi terlaksananya kegiatan penanaman pohon serentak yang dilakukan oleh Kementerian LHK.

"Ini sangat luar biasa, banyak bibit pohon yang di tanam merupakan pohon kayu besar dan buah yang besar. Kita harapkan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di Simalungun, juga bagi satwa di sekitar hutan di Kecamatan Pematang Sidamanik atau Kelurahan Sipolha ini," kata Bupati.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan bahwa, banyak areal terbuka atau ruang terbuka hijau, lahan yang perlu dipulihkan di wilayah Kecamatan Pematang Sidamanik. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan terus berkejutan sebagai upaya melestarikan hutan.

"Karena setiap kita bertanggung jawab untuk menjaga hutan di sekeliling kita," pungkasnya.*

(PN)

TerPopuler