Polres Simalungun dan Brimob Yon-B Latih Personel Dalmas Siap Amankan Pemilu 2024

Senin, 15 Januari 2024, 19:58 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Dalam kesiapan menyongsong penyelenggaraan Pemilu 2024, Polres Simalungun bersinergi dengan Brimob Yon-B Pematang Siantar melaksanakan pelatihan pengendalian massa (Dalmas) bertempat di Lapangan Upacara Mako Polres Simalungun, Jalan Jhon Horailam Saragih, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, pelatihan ini berlangsung, Senin (16/01/2024) mulai pukul 09.30 WIB hingga selesai.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata Toba 2023 yang dirancang untuk memastikan situasi Kamtibmas tetap kondusif menjelang dan selama proses demokrasi negara.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini mencakup para Perwira dan personel seperti Kasat Samapta Polres Simalungun AKP Lambok Stevanus Gultom, S.H., Kasat Pam Obvit Polres Simalungun Iptu Julianto Simanjuntak, S.H., KBO Sat Samapta Polres Simalungun Iptu Edy Syahputra, S.H., serta anggota Polres Simalungun dan Brimob Yon-B Pematang Siantar.

Pelatihan Dalmas diadakan untuk mengasah kemampuan personel dalam menangani kerumunan massa, terutama jika terjadi situasi yang memerlukan intervensi kepolisian untuk menjaga keamanan. Latihan ini mencakup berbagai aspek, seperti teknik negosiasi, taktik formasi, penggunaan perisai, dan pengendalian emosi saat berada di lapangan.

AKP Lambok Stevanus Gultom dalam sambutannya menyatakan, pelatihan ini esensial bagi kesiapan personel kita dalam mengamankan Pemilu 2024. 


"Kami bertekad untuk menciptakan suasana yang aman agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya tanpa rasa khawatir," tuturnya.

Kegiatan pelatihan tersebut diharapkan dapat menambah kepercayaan diri dan keterampilan personel Polres Simalungun dan Brimob dalam menjaga stabilitas keamanan. Kesuksesan pelatihan ini juga menjadi bukti kerja sama yang efektif antarunit kepolisian dalam menjalankan tugas negara.

Warga setempat yang menyaksikan latihan ini menyampaikan apresiasi mereka. "Kami merasa lebih aman melihat para personel polisi dan Brimob berlatih dengan serius, ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam mempersiapkan Pemilu yang damai," ujar salah satu warga saat hendak mengurus SKCK di Polres Simalungun.

Dengan pelaksanaan pelatihan ini, Polres Simalungun dan Brimob Yon-B Pematang Siantar mengambil langkah proaktif dalam menjamin pemilu yang aman dan lancar, memperkuat komitmen merealisasikan pemilihan umum yang demokratis di Kabupaten Simalungun.*

(PN)

TerPopuler