Wakil Bupati Simalungun Lantik Pangulu Nagori Sibunga-Bunga Periode 2023-2029

Jumat, 12 Januari 2024, 16:01 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun di wakili wakil Bupati  Zonny Waldi melantik Pangulu Nagori Sibunga-Bunga hasil pemilihan pangulu serentak di Kabupaten Simalungun Periode 2023-2029. 

Pelantikan Pangulu (Kepala Desa) tersebut berlangsung di Balai Harungguan Kantor Camat Jorlang Hataran Kabupaten Simalungun, Sumut, Jum'at (12/01/2024).

Sesuai dengan SK Bupati Simalungun Nomor: 100.3.3.2/13433/2023, pangulu yang dilantik yakni Ali Marthin Nainggolan sebagai Pangulu Nagori Sibunga-bunga Kecamatan Jorlang Hataran Periode 2023-2029.

Sebagai saksi dalam pelantikan itu Kepala Inspektorat Roganda Sihombing dan Camat Jorlang Hataran Pondang Sidabutar serta Rohaniawan Kristen Protestan.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Simalungun membacakan arahan tertulis Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Wakil Bupati menyampaikan kepada pangulu yang dilantik agar melaksanakan tugas dengan baik, karena pangulu adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintah daerah di Nagori (desa).

Selanjutnya, Wakil Bupati meminta kepada pangulu yang dilantik untuk merangkul kembali rivalnya sewaktu dalam pemilihan.
 

"Rangkul juga tokoh masyarakat, dan jadilah orang yang bisa bergaul ke atas dan bergaul kebawah," pinta Wakil Bupati 

Disamping itu, Wakil Bupati mengingatkan agar melaksanakan tata kelola keuangan nagori dengan baik, khususnya program bantuan sosial dari pemerintah agar tepat sasaran.

"Pangulu juga harus menguasai data serta potensi wilayah guna peningkatkan pendapatan asli daerah untuk pembangunan Tanoh Habonaron Do Bona," pungkas Wakil Bupati.

"Lakukan tertib administrasi dalam mengola keuangan, efisiensi, efektif dan transparan serta disiplin dan berperan aktif dalam mensukseskan gerakan marharoan bolon," imbuh Wakil Bupati.

Wakil Bupati juga meminta kepada pangulu untuk menghimbau masyarakat, terutama keluarga yang kurang mampu, agar memiliki BPJS Kesehatan.

"Hidupkan posyandu agar dapat menurunkan angka stunting yang harus kita tuntaskan di Kabupaten Simalungun. Berbakti dan bekerjalah dengan hati yang tulus," pinta Bupati mengakhiri.

Tampak hadir antara lain Ketua DPRD Kabupaten Simalungun Timbul jaya Sibarani, Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi Umum SML Simangunsong, Asisten Administrasi Umum Akmal H. Siregar, sejumlah pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Simalungun, Forkopimcam Jorlang Hataran serta undangan lainnya.*

(PN)

TerPopuler