Wali Kota Jadi Narasumber Kegiatan Penyuluhan PTSL 2024

Rabu, 31 Januari 2024, 13:36 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Tebing Tinggi - Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si., menghadiri penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2024 yang digelar oleh Kantor Pertanahan Kota Tebing Tinggi, pada Selasa (30/01/2024) di aula lantai 4 Balai Kota Tebing Tinggi .

Pj. Wali Kota Tebing Tinggi selaku narasumber pada kegiatan tersebut mengatakan, permasalahan sengketa tanah dapat menyebabkan permusuhan dan kehidupan yang tidak terkontrol.

"Karena adanya sengketa tanah, kehidupan menjadi kayak gitu (musuhan), gak terkontrol gara-gara tidak adanya kejelasan," ujar Pj. Wali Kota.

Terkait hal itu, Pj. Wali Kota mengatakan agar undang-undang tentang agraria dapat menjadi pedoman dalam mengatasi permasalahan sengketa tanah dan kehadiran pemerintah juga diharapkan dapat mendukung untuk memberikan solusi.

"Makanya, belajar dari hal tersebut, undang-undang tentang agraria menjadi pendidik bagi kita. Untuk itu, makanya Pemerintah melalui Pemerintah Daerah atau melalui kegiatan ini mencoba mendukung untuk memberikan solusi," jelas Pj. Wali Kota.


Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan (BPN) Kota Tebing Tinggi Yayuk Supriaty, S.H., M.H. menyampaikan bahwa kegiatan PTSL ini salah satunya dilandasi oleh Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2018 tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Seluruh Wilayah Republik Indonesia.

"Disitulah (Inpres Nomor 2 Tahun 2018) kemudian bahwa Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk mendukung pelaksanaan penempatan pendaftaran tanah sistematis lengkap dengan mengatur penetapan dan atau mengandalkan besaran biaya yang dilakukan oleh pengujian pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lokal di Kelurahan atau Desa berdasarkan kemampuan keuangan daerah," paparnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian sertifikat dan pengecekan tanah di Jalan Gunung Leuser Bp7 dengan menggunakan pesawat drone .

Turut hadir, para OPD terkait, seluruh para Camat dan Lurah se-Kota Tebing Tinggi, para undangan, BPN dan Tim Peliputan Diskominfo.*

(JE)

TerPopuler