Wujud Kemanunggalan TNI, Kodim 1304/Gorontalo Bersama Masyarakat Bersihkan Sungai Bolango

Sabtu, 13 Januari 2024, 04:28 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Gorontalo -'Kemanunggalan TNI bersama Rakyat', semangat itulah yang sedang dilakukan oleh personel Kodim 1304/Gorontalo bersama warga masyarakat pada kegiatan karya bakti pembersihan sungai dari sampah dan rumput liar disepanjang sungai Bolango di Kelurahan Biawu, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo, pada Jumat (12/01/2024).

Karya bakti pembersihan sungai yang diikuti oleh kurang lebih 75 orang tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir di musim penghujan dan penyebaran penyakit menular diakibatkan nyamuk serta membangun kesadaran untuk bersama-sama aktif menjaga kebersihan aliran sungai agar aliran sungai menjadi lancar sehingga dapat dimanfaatkan oleh warga setempat.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf. Kuslan Hilumalo saat ditemui di lapangan menyampaikan, bahwa kegiatan kemanunggalan TNI-Rakyat sudah sering dilakukan Kodim 1304/Gorontalo dengan masyarakat, tetapi pada kegiatan hari ini difokuskan pada pembersihan bantaran dan aliran sungai karena sudah memasuki musim penghujan.
 

“Mencegah lebih baik dilakukan daripada mengatasi. Makanya kami mengajak masyarakat Kelurahan Biawu untuk bersama-sama melaksanakan pembersihan sungai sebagai upaya untuk mencegah terjadinya banjir karena intensitas hujan yang mulai sering terjadi di wilayah Kota Gorontalo,” imbuh Pasiter.

Kuslan Hilomalo juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk peduli lingkungan terutama tidak membuang sampah di sungai tetapi dapat mengolah sampah  dengan cara memilah sampah organik dan non organik.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kasdim 1304/Gtl Letkol Arm Drs. Mansur Saiu, Para Perwira Seksi (Pasi) Kodim 1304/Gorontalo, Danramil 1304-01/Kota Utara, Danramil 1304-02/Kota Selatan,  Pasandi Dim 1304/Gtl, dan personel Kodim 1304/Gorontalo serta warga masyarakat Kelurahan Biawo.*

(Idrak)

TerPopuler