Gandeng KPU, Lapas Singaraja Sosialisasi Pemilu 2024 Kepada Warga Binaan Pemasyarakatan

Sabtu, 03 Februari 2024, 12:02 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Buleleng - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singaraja, Kantor Wilayah Kemenkumham Bali menggandeng KPU Buleleng sosialisasi Pemilu 2024 kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Singaraja, pada Jumat (02/02/2024) .

Perwakilan Kepala Lapas Singaraja, Kasi Binapigiatja Lapas Singaraja, Wayan Riasa menyampaikan dalam sambutannya, bahwa Pemilu merupakan sarana untuk kedaulatan rakyat. Oleh karena itu, setiap warga negara, termasuk warga binaan, memiliki hak untuk berpartisipasi dalam pemilu.

Ia mengharapkan warga binaan dapat memahami dan menjalankan haknya untuk memilih pada Pemilu 2024.

"Tak hanya itu, sosialisasi dari KPU juga dapat meningkatkan kesadaran Warga Binaan untuk berpartisipasi dalam ajang demokrasi lima tahun sekali ini," terangnya.


Dalam sosialisasi itu, perwakilan KPU Buleleng Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Putu Arya menyampaikan, bahwa informasi terkait jadwal, tahapan, dan tata cara penyelenggaraan Pemilu 2024.

Selain itu, KPU Buleleng juga memberikan edukasi kepada Warga Binaan mengenai hak dan kewajibannya sebagai warga negara dalam Pemilu.

Berdasarkan data Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) Lapas Singaraja, jumlah penghuni mencapai 312 orang baik tahanan dan narapidana.*

(Arifin)

TerPopuler