Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024, Sat Samapta Polres Simalungun Bersama Polsek Perdagangan Gencarkan Patroli Dialogis

Jumat, 09 Februari 2024, 17:51 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, Polres Simalungun yang berada di bawah komando Satuan Fungsi Samapta, menggelar serangkaian patroli dialogis di malam hari. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, (8/2/2024), mulai pukul 20.00 WIB hingga selesai. 

Fokus utama patroli ini adalah Jalur Lintas Simalungun - Asahan dan lokasi-lokasi lain yang dianggap rawan akan tindakan kriminalitas, khususnya di Kelurahan Perdagangan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun.

Dipimpin oleh Kasat Samapta AKP Lambok S. Gultom, S.H., dan Kapolsek Perdagangan AKP Juliapan Panjaitan, S.H., patroli dialogis ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang penyelenggaraan Pemilu yang aman dan damai.

Kegiatan ini diawali dengan apel besar personil yang akan melakukan patroli, dilanjutkan dengan patroli dialogis untuk menyampaikan himbauan langsung kepada masyarakat.

Kasat Samapta AKP Lambok S. Gultom, S.H., mengatakan, selama kegiatan berlangsung, para petugas melakukan dialog dengan masyarakat di sekitar Perdagangan, Kabupaten Simalungun, menghimbau untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif.


Petugas juga mengidentifikasi dan menemukan beberapa barang bukti, termasuk sebuah sepeda motor yang tidak layak jalan dengan nomor polisi yang tidak sesuai. Hal ini menunjukkan kesiagaan petugas dalam memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat di tengah persiapan Pemilu 2024.

"Hasil dari patroli dialogis ini menunjukkan situasi dalam keadaan aman dan kondusif. Aktivitas seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan bersama, terutama menjelang event politik penting seperti pemilu," ujar AKP Lambok.

Kasat Samapta Polres Simalungun, AKP Lambok S. Gultom, S.H., menegaskan, komitmen Polres Simalungun dalam mengamankan jalannya Pemilu 2024..

"Kegiatan patroli dialogis ini merupakan salah satu upaya preventif yang dilakukan oleh Polres Simalungun untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai, dan demokratis," pungkasnya.*

(PN)

TerPopuler