Kapolres Buleleng Pimpin Apel Kesiapan Pasukan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara di TPS

Senin, 12 Februari 2024, 17:32 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Buleleng - Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi, S.I.K., M.H., Pimpin Apel Kesiapan pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan tahap pemungutan suara Pemilu 2024, di lapangan Taman Kota Singaraja Jalan Ngurah Rai, Kelurahan Banjar Jawa, Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng, dilanjutkan pemeriksaan Pasukan Bersama Pj. Bupati Ir. Ketut Lihadnyana, M.M.A., dan Forkopimda Buleleng. Senin (12/02/2024). 

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda Buleleng, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Buleleng serta PJU dan Kapolsek Jajaran.Polres Buleleng. Juga peserta apel kesiapan personil yang melaksanakan, PAM TPS dan melaksanakan Operasi Mantap Brata Agung 2024 tahap pemungutan suara sebanyak 723 orang.

Dalam  Sambutannya, Kapolres Buleleng AKPB Ida Bagus Widwan Sutadi, S.I.K., M.H.,  menyampaikan, bahwa  Puji syukur kita panjatkan kehadirat Ida Sang Hyang Widi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas asung kerta wara nugraha-nya, pada pagi hari ini kita dapat mengikuti apel kesiapan pasukan operasi Mantap Brata Agung-2024 tahap pemungutan suara pemilu 2024 di daerah hukum polres buleleng dalam keadaan sehat. 

Apel kesiapan pasukan Operasi Mantap Brata Agung-2024 tahap pemungutan suara di TPS pemilu 2024 dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kesiapan personel dalam melaksanakan tugas pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemilu 2024. 

"Kepada seluruh Pers PAM TPS agar betul-betul bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh negara kepada rekan-rekan sekalian, laksanakan tugas ini dengan semangat dan tulus ikhlas sampai kegiatan pengamanan selesai dan aman," pesannya.

"Kelancaran jalannya pentahapan Pemilu tidak hanya menjadi tanggung jawab Polri semata, tetapi juga seluruh instansi terkait. Untuk itu, diperlukan sinergitas TNI-Polri, Pemerintah Daerah, KPU, Bawaslu, instansi penegak hukum lainnya dan seluruh elemen masyarakat yang ada," terangnya.

Polri sebagai alat negara penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, serta pemelihara kamtibmas, bertanggung jawab untuk menjamin keamanan agar pelaksanaan pemilu berjalan aman," ungkapnya.

Diakhir memberikan sambutan, AKPB Ida Bagus Widwan Sutadi, S.I.K., M.H., Selaku Ka Ops Res Buleleng menegaskan kembali untuk dipedomani dalam dilaksanakan kepada para Kasatgas, kapolsek agar memastikan logistik pemilu terdistribusikan dengan aman dan lancar serta laksanakan pengawalan distribusi logistik menuju dan kembali dari lokasi, dan laksanakan pengamanan melekat terhadap lokasi penyimpanan logistik pemilu. 


"Tetap menjaga netralitas kita selama pelaksanaan Pemilu 2024. Personil PAMTPS tidak diperkenankan masuk ke dalam lokasi TPS, kecuali ada permintaan dari Ketua KPPS. Personil Polri dilarang mempengaruhi masyarakat yang akan memberikan suaranya di TPS," tegasnya.

"Tidak melakukan swafoto atau memberikan pelayanan khusus terhadap kehadiran calon legislatif di TPS. Tidak membawa Senjata Api saat PAM di TPS.  Personil Polri dilarang menghitung, mencatat dan mendokumentasikan hasil penghitungan suara di TPS. Pers PAM TPS agar segera laksanakan orientasi ke lokasi TPS, buat group WA di masing-masing Desa atau Kelurahan dimana rekan-rekan melaksanakan PAM TPS," ujarnya.

Pers PAM wajib mengenal petugas KPPS, Linmas serta petugas PAM lainnya dan mengetahui no HP masing-masing. Pers PAM TPS agar melaksanakan pengawalan kotak suara dari kantor desa/kelurahan menuju TPS. Selanjutnya, melaksanakan pengamanan selama berlangsungnya kegiatan pemungutan suara dan mengawal kembali kotak suara sampai ke kantor Camat (PPK). 

"Tetap jaga kesehatan dan keselamatan rekan- rekan, semoga Ida Sang Hyang Widhi, Tuhan yang maha kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk dan bimbingannya kepada kita sekalian, dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara sehingga tahapan Pemilu 2024 ini dapat berjalan dengan aman dan damai," imbuhnya.

Selanjutnya Pimpinan Apel Ka Ops Res Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi, S.I.K., M.H., melakukan pengecekan terhadap kesiapan personil dalam melaksanakan pengamanan ditahap pemungutan suara pemilu 2024 dan kesiapan pam TPS.

Disamping itu pukul 10.30 wita Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kd Putra Narendra, S.I.K., M.Si., bersama rombongan didampingi Kapolres Buleleng dan Pj. Bupati serta Forkopimda Buleleng, mengecek kesiapan sarana dan prasarana serta personil yang akan melaksanakan pengamanan tahap pemungutan suara dan PAM TPS Pemiliu 2024 yang berlangsung setelah apel kesiapan pengamanan tahap pemungutan suara di Taman Kota Singaraja.

Kemudian Kapolda Bali bersama rombongan didampingi Kapolres Buleleng dan Pj. Bupati serta Forkopimda Buleleng, mengecek dan memonitor kegiatan pergeseran logistik Pemilu ke Kecamatan wilayah Kabupaten Buleleng.*

(Arifin)

TerPopuler