Kunjungan Presiden RI Ke RSUD Kumpulan Pane di Kota Tebing Tinggi Dapat Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Yang Lebih Baik

Rabu, 07 Februari 2024, 21:56 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Tebing Tinggi - Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si., mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatan RSUD dr. H. Kumpulan Pane Kota Tebing Tinggi, Rabu (07/02/2024). 

Dalam kunjungan ini, Presiden RI melakukan pengecekan berbagai hal, mulai dari kondisi bangunan, fasilitas, hingga pelayanan rumah sakit dan pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Saya selalu berkunjung di Kota dan Kabupaten lain, mengecek pelayanan kesehatan, ngecek fasilitas Rumah Sakit, ngecek Gedung Rumah Sakit, ngecek pendaftaran pasien, ngecek layanan BPJS Kesehatan seperti apa kecepatannya, itu yang selalu dilihat,” kata Presiden RI.

Dikatakan Presiden RI, RSUD dr. Kumpulan Pane memiliki peran strategis menyediakan layanan kesehatan untuk masyarakat Kota Tebing Tinggi dan sekitarnya. Hal ini disampaikan Presiden karena Presiden RI melihat langsung banyaknya pasien yang juga datang dari luar Kota Tebing Tinggi.

“Di Rumah Sakit ini dari Kabupaten sekitar banyak berdatangan, tadi banyak dilihat, jumlah pasien cukup banyak,” ujar Presiden RI.

Terkait hal ini, menurut Presiden RI, rumah sakit tersebut perlu ditambah kapasitasnya. Hal tersebut dikarenakan RSUD Dr. H. Kumpulan Pane juga menjadi tempat tujuan berobat masyarakat di kabupaten/kota sekitar Kota Tebing Tinggi.


"Ya, di sini memang di RSUD Dr. H. Kumpulan Pane ini dari kabupaten sekitar Kota Tebing Tinggi ini banyak yang berdatangan sehingga saya lihat memang jumlah pasiennya juga cukup banyak, padahal di sini hanya memiliki 202 tempat tidur sehingga memang kapasitasnya perlu ditambah," paparnya.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta agar pemerintah daerah dapat membantu menyiapkan lahan untuk RSUD tersebut untuk kemudian dibangun oleh pemerintah pusat. Demikian halnya dengan bangunan lama RSUD tersebut yang dinilai Presiden perlu diperbaiki total.

"Tadi saya tanya ke Pak Wali Kota, ke Pak Gubernur juga, apakah ada lahan yang bisa dibangun untuk tambahan sehingga kapasitasnya bisa lebih gede? Ada. Tadi sudah saya sampaikan dibuatkan proposalnya, nanti dibangun oleh pemerintah pusat. Tapi termasuk juga bangunan yang lama ini perlu direhab total," tandasnya.

Melalui kunjungan kerja Presiden RI ini, Pj. Wali Kota Drs. Syarmadani, M.Si., berharap dapat memotivasi untuk semakin meningkatkan pelayanan yang lebih baik khususnya di bidang kesehatan. 

"Mudah-mudahan misi kita kedepan melalui pelayanan kesehatan bisa segera terwujud, makanya dengan dukungan dari pemerintah pusat, Bapak Presiden RI. Ini akan membantu kita untuk semakin meningkatkan pelayanan lebih baik," ujar Pj. Wali Kota.

Turut hadir pada peninjauan tersebut Kapolda Sumut Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen. Mochammad Hasan Hasibuan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wamenkes RI Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD., Ph.D. serta Pj. Gubernur Sumut Hasanuddin.

Selanjutnya, Kajari Kota Muhammad Muchsin, S.H., M.H., Ketua PN Cut Cornelia, S.H., M.H., Kepala OPD, Dirut BPJS Kesehatan Prof. Dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D., AAK. Ketua TP PKK Ny. dr. Dewi Mustika Syarmadani, M.Kes., MARS. dan tim peliputan Diskominfo.*

(JE)

TerPopuler