Polres Simalungun Gelar Apel Pengecekan Randis dan Sarpras dalam Rangka Ops Mantap Brata Toba - 2024

Kamis, 08 Februari 2024, 11:53 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Dalam rangka persiapan pelaksanaan Ops "Mantap Brata Toba - 2024", Polres Simalungun menggelar apel pengecekan Kendaraan Dinas (Randis) dan sarana prasarana (Sarpras) pada Rabu, (6/2/2024), Bertempat di lapangan apel Mako Polres Simalungun, Kecamatan Pematang Raya, Kabupaten Simalungun.

Apel ini dihadiri oleh seluruh perwira, brigadir, dan personel khusus yang terlibat dalam Sprint Pengamanan TPS.

Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., yang diwakili oleh Wakapolres Simalungun Kompol Hendrik Situmorang, M.M., memimpin langsung apel pengecekan tersebut.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan kesiapan Randis dan Sarpras dalam mendukung kelancaran OPS "Mantap Brata Toba - 2024" yang akan segera dilaksanakan," terangnya.

Dalam apel pengecekan, beragam Randis dan Sarpras diperiksa kesiapannya, antara lain mobil Randis AWC, mobil Randis Patroli Sat Samapta, mobil Randis Patroli Sat Pam Obvit, Randis Bhabinkamtibmas, serta alat pendukung lain seperti metal detektor, racun api, HT genggam beserta aksesorisnya, HT Rig Mobile, dan kebutuhan kesehatan bagi Pam TPS.

Dalam arahannya, Wakapolres Simalungun Kompol Hendrik Situmorang, M.M., menekankan beberapa poin penting yang harus dipersiapkan oleh seluruh personel Polres Simalungun. 

Di antaranya adalah pentingnya membawa serta memahami buku saku Pemilu saat bertugas di TPS, kesiapan pelaporan secara online melalui aplikasi SOT, dan pentingnya memelihara sikap serta tingkah laku yang baik selama berinteraksi dengan masyarakat.

"Kita berada di garda terdepan dalam menjaga keamanan serta kelancaran pemilu 2024. Oleh karena itu, semua aspek harus kita perhatikan dengan detail, mulai dari kesiapan fisik personel, kesiapan Randis dan Sarpras, hingga sikap dan prilaku kita di lapangan," tegasnya.

Kompol Hendrik menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta apel dan pihak terkait atas kesiapan dan dedikasi mereka dalam mendukung kelancaran OPS "Mantap Brata Toba - 2024". 


Beliau menekankan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekedar rutinitas, melainkan suatu tanggung jawab besar yang harus dipersiapkan dengan baik.

Lebih lanjut, Wakapolres mengingatkan tentang arti penting kesinambungan komunikasi dan koordinasi antar personel dalam pelaksanaan tugas.

"Komunikasi dan koordinasi yang efektif antara kita semua adalah kunci dalam mencapai kesuksesan Ops 'Mantap Brata Toba - 2024'. Oleh karena itu, saya mengharapkan agar semua personel dapat bekerja sama dengan baik, saling mendukung satu sama lain, serta mengedepankan profesionalisme kerja,” tuturnya.

Menyikapi situasi saat ini, Wakapolres juga menyampaikan pesan khusus tentang pentingnya menjaga netralitas sebagai aparat negara dalam pemilu.

"Sebagai bagian dari aparat negara, kita wajib menjaga netralitas dalam setiap proses pemilu. Hindari tindakan yang dapat menimbulkan persepsi miring terhadap integritas Polri, dan mari kita jaga kepercayaan masyarakat dengan melaksanakan tugas pengamanan ini dengan penuh tanggung jawab," tegasnya.

Mengakhiri sambutannya, Kompol Hendrik Situmorang, M.M., mengajak semua personel untuk bersama-sama berdoa agar Ops "Mantap Brata Toba - 2024" bisa berjalan lancar, aman, dan sukses. 

"Mari kita lakukan tugas pengamanan ini dengan hati yang ikhlas dan penuh dedikasi. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan perlindungan, kekuatan, dan kelancaran dalam setiap langkah kita," pungkas Wakapolres Simalungun dengan penuh harapan.

Kegiatan apel pengecekan Randis dan Sarpras ini menunjukkan keseriusan dan komitmen Polres Simalungun dalam menjaga kelancaran serta keamanan pelaksanaan pemilu 2024, sekaligus menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat Kabupaten Simalungun.*

(PN)

TerPopuler