Tinjau Sumber Air Bersih Kecamatan Pematang Bandar, Bupati Simalungun : Nantinya Akan Dijadikan Sebagai Sumber Air Kemasan

Senin, 05 Februari 2024, 20:43 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Simalungun Daniel Silalahi meninjau sumber air bersih yang digunakan untuk air kemasan.

Sumber air bersih itu berada di lokasi pemandian sungai lobang Nagori Bandar Sahkuda Kecamatan Pematang Bandar Kebupaten Simalungun, Sumut, Senin (5/2/2024).

Saat berada di lokasi sumber air, Bupati Simalungun mendapati debit air yang berada sumber air tersebut sangat besar dan sangat cocok sebagai sumber air kemasan dan juga kebutuhan air bagi masyarakat sekitar.

Namun Bupati mengatakan, jika akan digunakan sebagai lokasi pemandian harus di tata dengan rapi, sehingga lebih menarik.

"Ini airnya sangat bersih dan sejuk, lokasinya juga di kelilingi pepohonan dan sangat asri. Jika ini di tata dengan rapi, saya yakin akan banyak pengunjungnya," kata Bupati saat berbincang dengan Mahyar selalu pemilik (pengelola) pemandian sungai lobang.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan, jika nantinya tempat ini sebagai sumber air minum kemasan, tentu akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan juga akan meningkatkan lapangan pekerjaan.

"Nah, kalau nantinya sudah kita bangun, yang akan bekerja adalah masyarakat kita yang di sini, dan kita juga berharap akan berdampak terhadap para pedagang sekitar, sebab dagangannya akan laris," kata Bupati.

Melihat Mahyar yang masih belia (18 Tahun), Bupati Simalungun memintanya untuk melanjutkan pendidikan. "Usia kamu masih muda, lanjutkan pendidikanmu," ucap Bupati. 

"Kalau kamu nantinya berubah pikiran silakan berkomunikasi dengan Pangulu maupun Camat untuk memberitahukan kepada saya agar kamu mendapatkan beasiswa," kata Bupati disambut Mahyar dengan ucapan terima kasih pak Bupati.

Menurut Bupati, Mahyar orang baik, sebab saat beberapa kali dirinya (Bupati) hadir di lokasi ini, Mahyar selalu di sini untuk membantu orang tuanya. 


"Jadi, inilah yang bisa saya berikan untuk membantu dirinya," kata Bupati dan berharap Mahyar harus melanjutkan pendidikannya. 

"Saya yakin dia akan menjadi salah satu putra terbaik Kabupaten Simalungun yang akan membangun Tano Habonaron Do Bona," ujar Bupati

Mendengar penjelasan yang di sampaikan Bupati Simalungun itu, Mahyar selaku Pemilik/pengelola Kolam Pemandian Sungai Lobang sangat optimis dan mengatakan siap bekerjasama dengan pemerintah.

"Saya berharap agar yang di programkan Bapak Bupati secepatnya terealisasi," harap Mahyar sembari berharap pembenahan infrastruktur menuju pemandian sungai Lobang.

"Dulu tempat ini memang peninggalan dari Alm. ayah saya, akan tetap sejak kepergian beliau tempat ini kurang terurus karena saya kekurangan modal untuk melakukan pembenahan," ujar Mahyar.

Dia juga berharap kepada Pemkab Simalungun untuk memberikan perhatian dalam pembenahan lokasi pemandian sungai lobang.

Tampak mendampingi Bupati dan Kadis Lingkungan Hidup yaitu di dampingi Ketua TP PKK Ny  Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga dan dari PDAM Tirta Lihou.*

(PN)

TerPopuler