Wabup Hendra Hemeto Khawatir Banyak Suara Hangus di Pemilu 2024

Kamis, 08 Februari 2024, 22:24 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Gorontalo - Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto, S.T., M.Si., dan juga selaku Ketua DPD ll Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, mengkhawatirkan banyak suara yang akan hangus dalam Pemilu legislatif 14 Februari 2024..

"Saya khawatir banyak suara hangus karena kemungkinan masih sebagian warga yang tidak tahu cara mencentang di atas surat suara dan terdapat puluhan parpol serta ratusan calon anggota legislatif (caleg), "ujar Hendra Hemeto usai melaksanakan pertemuan pada sore kemarin di Gedung DPR II  Golkar Kabupaten Gorontalo. Kamis (08/2/2024). 

Menurut orang Nomor 2 di Kabupaten Gorontalo itu, suara hangus berpotensi terjadi terutama bagi pemilih lanjut usia yang matanya sudah mulai kabur dan belum mengetahui sama sekali cara mencentang yang benar.

"Terutama untuk wilayah pedesaan di 19 kecamatan di kabupaten Gorontalo, itu yang masih minim sosialisasi teknis mencentang, sangat berpotensi banyaknya suara yang bahkan hangus," ujarnya.


Untuk itu, kata dia, pihak KPU, Caleg dan Parpol harus terus menggencarkan sosialisasi cara mencentang kepada masyarakat dan mengingat waktu tinggal hitungan jari demi menghindari banyaknya suara hangus.

"Alhamdulillah, selama kegiatan kampanye terbuka yang dilakukan parpol dan caleg juga sangat efektif mensosialisasikan teknis mencentang karena ribuan masa hadir saat mengikuti kampanye, baik itu kampanye mono ogis serta kampanye diolegis," ujarnya.

Menurut Wakil Bupati Gorontalo Hendra Hemeto, ancaman terbesar dalam pemilu legislatif nanti adalah banyaknya ditemukan suara hangus jika sosialisasi tidak digencarkan dan dilakukan secara efektif hingga ke lapisan masyarakat paling bawah.

"Hari pencentangan sudah dekat, tinggal hitungan jari lagi untuk itu diharapkan kepada KPU parpol dan caleg lebih menggencarkan teknis mencentang kepada masyarakat, dalam upaya menyukseskan pemilu 2024 ini," tutup Hendra kepada sejumlah awak media.

(Idrak)

TerPopuler