Bupati Tanjab Barat Resmikan Pos Damkar dan Pelayanan Dukcapil Merlung

Jumat, 28 Mei 2021, 5/28/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Tanjab Barat - Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag. meresmikan Pos Pemadam Kebakaran dan tempat Pelayanan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kecamatan Merlung, Kamis (27/5/2021).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Tanjab Barat Iswardi menyampaikan, pembentukan Pos Pemadam Kebakaran ini berdasarkan Kemendagri No 114 Tahun 2018 tentang Standar Teknis Pelayanan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal Sub Urusan Kebakaran Daerah Kabupaten/Kota dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No 3641/1967/SJ Tanggal 25 Maret 2017.

"Guna memberikan perlindungan kepada masyarakat secara optimal, maka perlu dibentuk Pos Pemadam Kebakaran di setiap Kecamatan dan dilengkapi dengan unit mobil pemadam," jelasnya.

Selain itu Iswardi juga menyampaikan, bahwa pembentukan Pos Pemadam Kebakaran ini juga merupakan program yang tertuang didalam Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat, yaitu menciptakan kondisi sosial yang tenteram, tertib dan harmonis. 

Serta pelaksanaan program kerja 99 hari Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat dalam upaya memberikan pelayanan perlindungan harta dan jiwa masyarakat khususnya di Kecamatan Merlung dari ancaman kebakaran dan non kebakaran, sekaligus dapat membantu penanggulangan bencana alam dan serangan dari binatang melata.

"Sarana dan prasarana Pos Pemadam Kebakaran di Kecamatan Merlung ini, kita menyediakan 1 unit mobil pemadam kebakaran dan 2 unit mesin pemadam. Sedangkan untuk personil yang bertugas sebanyak 10 orang dengan sistem bergantian per 5 hari," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Camat Merlung Almardi, S.E., dalam sambutannya menyampaikan, masyarakat sangat antusias dengan dibentuknya kedua Pos Pelayanan ini di Kecamatan Merlung.


"Beberapa hari sebelum acara ini, kami sudah bertemu dengan para perwakilan masyarakat untuk memberitahukan, bahwa di Kecamatan Merlung ini akan ada pelayanan Dukcapil dan Damkar. Dengan pelayanan ini mudah-mudahan bisa ditingkatkan menjadi UPTD, baik itu Dukcapil maupun Damkar," ucap Almardi. 

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pertemuan hari ini merupakan bentuk perwujudan realisasi kinerja 99 hari kerja.

Dan di hari ini, juga akan di mulai pelaksanaan pelayanan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang saat ini berada di wilayah Kecamatan Merlung, yang diharapkan nantinya akan segera menjadi UPTD dan akan dilanjutkan secara bertahap di Kecamatan-kecamatan.

"Melalui pelayanan ini, maka penertiban Dokumen Kependudukan seperti KTP, Akte Kelahiran, Kartu Identitas Anak dan Dokumen Kependudukan lainnya langsung bisa dilaksanakan dan ditertibkan di Kecamatan Merlung, tanpa harus mengurus ke Dinas Dukcapil Tanjab Barat di Kuala Tungkal," jelas Bupati. 

Bupati Anwar Sadat juga menyampaikan, dengan didirikannya Pos Pemadam Kebakaran di Kecamatan Merlung ini merupakan wujud nyata dalam memberikan perlindungan langsung kepada masyarakat, dalam rangka mencapai tujuan pembangunan daerah.

"Hari ini kita juga akan meresmikan Pos Pemadam Kebakaran di Kecamatan Merlung, semoga dengan adanya Pos Pemadam Kebakaran ini masyarakat dapat terbantu, sesuai dengan tugas penting pemadam kebakaran adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan dan pemadaman, serta ikut dalam penyelamatan bencana kebakaran dan non kebakaran," harap Bupati.

Usai meresmikan Pos Pemadam Kebakaran dan tempat Pelayanan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bupati beserta rombongan mengecek peralatan-peralatan yang digunakan Dukcapil dan Damkar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan memberikan secara simbolis akta lahir kepada masyarakat yang baru saja melakukan pencatatan dokumen kependudukan dihari pertama diresmikannya pos pelayanan tersebut.

Turut hadir Wakil Bupati Tanjab Barat Hairan, S.H., Sekretaris Daerah, Asisten 2, Staf Ahli, Kapolsek Merlung, Ketua Tim Penggerak PKK Tanjab Barat, Ketua GOW, Kepala Dinas Damkar beserta jajaran, Kepala Dukcapil beserta jajaran, para Camat, Lurah dan Kades serta tamu undangan lainnya.*

(DN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button