MPR RI Gelar Sosialisasi Empat Pilar di Kodam IX/Udayana

Thursday, June 10, 2021, 02:36 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) bekerjasama dengan Kodam IX/Udayana menyelenggarakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NKRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) pada Rabu (9/6/2021), bertempat di Aula Makodam IX/Udayana, Denpasar.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Ketua MPR RI Bapak Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad yang telah menyempatkan diri untuk hadir memberikan sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Makodam IX/Udayana, dengan harapan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi penguatan nilai-nilai kebangsaan.

"Seiring semakin memudar dan terkikisnya nilai-nilai kebangsaan di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara karena gempuran gelombang modernisasi serta globalisasi, kita sebagai generasi penerus bangsa mari kuatkan kembali jati diri bangsa kita sebagai esensi dasar kesejatian yang tidak mudah dikaburkan bahkan dimatikan oleh kekuatan apapun," ungkap Pangdam.

Lebih lanjut, Pangdam mengatakan bahwa pada kenyataannya seluruh Warga Negara Indonesia tidak rela dan tidak akan membiarkan begitu saja bangsa ini terseok-seok bahkan terhempas dalam keterpurukan, sehingga hal ini sangatlah penting guna kembali menggemakan semangat penyadaran serta penguatan Pilar Penyangga Bangsa.

"Mengingat sangat pentingnya sosialisasi 4 Pilar MPR RI ini, maka saya mengharapkan kepada seluruh peserta untuk mengikuti dengan baik, perhatikan dan simak dengan seksama, tanyakan jika ada hal-hal yang belum dimengerti. Sehingga pada saat akhir sosialisasi, seluruh peserta benar-benar paham dan dapat mengimplementasikan secara nyata di satuan maupun dilingkungan masyarakat," tutup Pangdam.


Sementara itu, Wakil Ketua MPR RI pada intinya menyampaikan bahwa bangsa ini memiliki pondasi yang kuat, diantaranya ada Pancasila yang merupakan ideologi bangsa dan Dasar Negara, kemudian Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara, selanjutnya ada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara, dan yang terakhir yakni Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

"Keempat pilar ini menjadi pegangan hidup berbangsa dan bernegara, oleh karenanya ini harus kita jaga bersama-sama, sehingga empat pilar dipandang sebagai sesuatu yang sangat utama dalam kehidupan berpolitik menjalankan pemerintahan perekonomian interaksi sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," demikian ujar Wakil Ketua MPR RI.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan tersebut, juga diselingi dengan sesi tanya jawab dari peserta dan diakhiri dengan pertukaran cinderamata serta Foto bersama. 

Hadir juga pada kegiatan ini diantaranya Para Pejabat Teras Kodam IX/Udayana, rombongan dari MPR RI, serta Para Peserta yang terdiri dari Prajurit dan PNS Kodam IX/Udayana.*

(Arifin/Lilik)

Sumber : Kapendam IX/Udayana

TerPopuler