Lantamal I Kembali Gelar Serbuan Vaksinasi Hari ke 2 Diatas Kapal Nelayan Gabion Belawan

Friday, August 20, 2021, 14:58 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Untuk mencapai target program pemerintah vaksinasi Covid-19 dosis ke-2 sebanyak 70% sesuai dengan jumlah penduduk Indonesia bisa tervaksin, guna mendapatkan kekebalan komunal (Herd Immunity) dari virus Covid-19, TNI AL Lantamal I Belawan kembali menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat maritim terutama nelayan yang selesai melaut di Gabion Belawan di atas kapal yang melintas di depan Pos AL Gabion, Jumat (20/08/21).

Kegiatan yang dilaksanakan ini sesuai dengan Instruksi Panglima TNI untuk melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 TNI ke Wilayah 34  Provinsi secara serentak dan massif di wilayah kerja masing-masing.

Untuk menindaklanjuti instruksi tersebut, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., memerintahkan kepada seluruh jajaran satuan TNI Angkatan Laut dimanapun berada untuk menggelar serbuan vaksinasi massal khususnya kepada masyarakat maritim yang berada diwilayah pesisir, masyarakat nelayan di pulau-pulau terpencil, pelabuhan-pelabuhan,    
komplek-komplek perumahan TNI AL dan Kampung Bahari Nusantara binaan Dispotmar TNI AL.


Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kali ini dilaksanakan di atas kapal-kapal Nelayan yang melintas didepan Pos AL Gabion Belawan, hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat maritim terutama nelayan agar melengkapi vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Danlantamal I) Belawan Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono yang diwakili oleh Wadan Lantamal I meninjau langsung kegiatan vaksinasi yang digelar di atas kapal-kapal yang melintas didepan Pos AL Gabion tersebut.

Melalui Komandan Pos Angkatan Laut (Posal) Gabion Letda Laut (P) Efendi mengajak para nelayan yang melintas di  depan Pos AL Gabion, agar masyarakat nelayan Gabion yang baru pulang melaut dan para pekerja digudang-gudang ikan sekitar Gabion yang belum divaksin baik itu dosis pertama maupun dosis yang kedua dapat merapatkan kapalnya di dermaga Posal Gabion untuk mendapatkan Vaksin.

Serbuan vaksinasi Covid-19 hari ke 2 untuk nelayan Gabion, juga memberikan Vaksin terhadap para pekerja pergudangan ikan Gabion, hal ini dilaksanakan karena masih banyaknya masyarakat nelayan yang belum mengetahui tentang pentingnya mengikuti anjuran pemerintah untuk melaksanakan vaksin terutama buat nelayan yang baru pulang melaut di Gabion.


Sementara itu Pangkalan Utama TNI AL I Belawan (Lantamal I)  sudah menggelar vaksinasi massal dibeberapa tempat di wilayah Kota Medan dan sekitarnya. Hingga sampai dengan saat ini, Lantamal I dan jajaran sudah melaksanakan serbuan vaksinasi pertama dan kedua sebanyak 17 kali kepada masyarakat maritim diberbagai wilayah.

Dalam pelaksanaan vaksinasi hari ke 2 nelayan Gabion tetap dilaksanakan sesuai prosedur kesehatan Covid-19, dimana masyarakat setelah selesai divaksin dihimbau untuk tetap tinggal ditempat untuk menjalani observasi selama 30 menit, guna mengetahui reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping dari vaksin Covid-19 tersebut.

Hal itu bertujuan apabila terjadi gejala yang tidak diinginkan akan dapat ditangani dengan cepat, juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan harus memakai masker, menjaga jarak dengan tidak bergerombol, seperti yang selalu dingatkan oleh anggota Babinpotmar, Yonmarhan I dan personel Pomal  yang ikut membantu dalam mengatur peserta vaksinasi.

Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan  vaksinasi hari ke 2 untuk nelayan dan pekerja pergudangan ikan Gabion disiapkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator sebanyak 2 Tim, 1 Tim dari Dinas Kesehatan Lantamal I dan 1 Tim dari RSAL Komangmakes.*

(Red)

Sumber : Dispen Lantamal I

TerPopuler