Didampingi Kasi Kir, Kadishub Deli Serdang Monitoring Pengujian Kendaraan Bermotor

Selasa, 12 Oktober 2021, 10/12/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Deli Serdang - Uji kendaraan bermotor merupakan tanda, bahwa kendaraan tersebut laik digunakan secara teknis di jalan raya, khususnya bagi kendaraan yang membawa angkutan penumpang dan barang.

Pasalnya, keselamatan saat berlalu lintas akan dapat ditekan jika dilaksanakan pengawasan dan penindakan terhadap moda transportasi barang dan angkutan orang, dan harus didukung oleh pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor untuk keamanannya.

Demikian disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kabupaten Deli Serdang Suryadi Aritonang, S.Sos., M.Si., saat dikonfirmasi di lapangan Kompleks Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Deli Serdang, Selasa (12/10/21).

Kadis Perhubungan Suriyadi mengatakan guna mewujudkan tranportasi yang aman, nyaman serta selamat, Dinas Perhubungan Deli Serdang akan melaksanakan pengujian kendaraan bermotor melalui pengawasan serta penindakan terhadap kendaraan bermotor yang tidak laik jalan, dan tidak mengikuti ketentuan yang berlaku.


"Aplikasi E-kir yang di launching pada Bulan Januari yang lalu adalah aplikasi pembayaran secara online yang sangat membantu.  Namun kita akui, tidak semua masyarakan mengerti dengan pembayaran E-kir online. Pembelajaran uji kir tetap diberikan dan oleh petugas Dishub DS yang di lapangan, serta membantu cara pengaplikasiannya," ucap Suriyadi.

Saidi Pane, S.Sos., M.Si., selaku Kasi Uji Kir juga menjabarkan hal tersebut. Dirinya mengatakan, tentunya, kami berharap layanan ini akan menjawab tantangan terhadap pelayanan pengujian kendaraan bermotor yang selama ini identik dengan antri. 

Pelayanan Booking Service ini, kata Saidi, selain dapat mempermudah pelayanan, sekaligus meningkatkan PAD dengan tetap mengedepankan prinsip keselamatan berkendaraan yang laik jalan.

"Kami melihat pola masyarakat saat ini menginginkan segala urusan dan keperluan ditangani dengan cepat dan profesional. Maka, dengan Booking Service ini kita memulai percepatan pelayanan bagi masyarakat," kata Saidi Pane.

"Selanjutnya, kami juga akan melakukan evaluasi atas pelaksanaan pelayanan ini. Sehingga dapat diketahui perkembangannya, guna perbaikan pelayanan agar lebih prima dan maksimal," katanya menambahkan.


Sementara itu, Suwanto, salah seorang masyarakat yang saat itu mengikuti uji kir, saat dikonfirmasi awak media ini mengatakan kepuasannya dengan pelayanan para petugas.

"Ketika para petugas yang rela panas panasan memberi tau secara detail terkait KIR, dengan sikap sabar dan humanis," ucap Sopir ini sembari tersenyum.

Perlu diketahui, dilingkungan Dinas Perhubungan setiap hari Selasa pukul 10.00 Wib, para petugas Dishub di lapangan menyanyikan lagu Indonesia Raya, tanpa terkecuali termasuk masyarakat yang mengantri juga mengambil sikap berdiri.

Sebagai penutup giat monitoring, Kepala Dinas Perhubungan Deli Serdang menyampaikan kepada awak media, demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Perhubungan telah mengusulkan kepada dinas terkait untuk dilakukannya pengaspalan arena lapangan parkir, untuk kendaraan yang sedang mengantri untuk uji kir.

"Kita minta sarana dan prasarana di perbaiki, agar tidak ada kendala dalam pengujian kir nantinya," tutup Kadishub Deli Serdang.*

(R. Anggi)

TerPopuler

> Whatsapp-Button