Bhakti TNI, Membantu kesulitan Rakyat Babinsa Gotong Royong Bersama Warga

Kamis, 21 April 2022, 4/21/2022 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Tabanan - Kehadiran TNI ditengah-tengah masyarakat salah satunya adalah bertujuan  untuk membantu kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat, aparat kewilayahan dilapangan melalui babinsa sudah menjadi bagain dari tugasnya untuk melaksanakan binter (pembinaan teritorial) dengan methoda bakti TNI, Wanwil dan Komsos. Sehingga diharapkan melalui methoda tersebut aparat kewilayahan dapat mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat di wilayah binaannya.

Kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa Desa Babahan Penebel merupakan perwujudan dari metodha Binter saat melaksanakan gotong royong karyabhakti perabatan beton jalan pengrarungan Desa Adat Babahan kecamatan Penebel, Rabu (20/4/2022).

Babinsa Desa Babahan Ramil 1619-08/Penebel. Serka I Made Arka  bersama warga masyarakat Banjar Adat Babahan Kawan bergotong royong melaksanakan perabatan jalan di Pura Prajapati Desa Adat Babahan Kecamatan Penebel dengan panjang 80 meter lebar 1 meter dengan ketebalan 10 cm.


Menurut Babinsa, "pengerjaan perabatan jalan pengrarungan merupakan jalan milik Desa Adat yang dimanfaatkan warga saat melaksanakan  kegiatan upacara ngaben terutama saat menghanyutkan abu jenazah sehingga dengan dirabatnya jalan tersebut diharapkan dapat mempermudah warga adat saat melaksanakan prosesi upacara ngrarung (menghanyutkan) abu jenazah," jelasnya.

Dalam pengerjaannya Ia bersama warga Adat bersama-sama  bergotong royong dan membagi pengerjaan pengerasan jalan tersebut dengan melibatkan 3  Banjar Adat, yaitu Banjar Adat Kawan, Banjar Adat Kanginan dan Banjar Adat Tengah sehingga seluruhnya mendapatkan bagian pengerjaannya masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya berharap dengan kehadiran Babinsa ditengah-tengah masyarakat akan semakin menumbuh kembangkan semangat budaya gotong royong sekaligus sebagai sarana komunikasi sosial dengan masyarakat binaanya sehingga terjalin komunikasi yang baik dan menciptakan suasana keakraban untuk mewujudkaan  kemanunggalan TNI-Rakyat, “Pekerjaan akan semakin ringan bila kita kerjakan bersama-sama," ujarnya.*

(Arifin/Agung DP)

TerPopuler

> Whatsapp-Button