Cegah Penyebaran Wabah PMK, Koramil Dringu Lakukan Penyekatan

Sabtu, 11 Juni 2022, 09:09 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Koramil 0820/22 Dringu bersama sejumlah pihak terkait melakukan penyekatan lalu lintas untuk melakukan pemeriksaan adanya angkutan yang membawa hewan ternak dari luar daerah, hal ini dilakukan sebagai antisipasi pencegahan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Serma Rima S, anggota Koramil 0820/22 Dringu membenarkan dilakukannya penyekatan tersebut dengan tujuan untuk memperketat pengawasan atau distribusi keluar masuknya angkutan yang membawa hewan ternak yang masuk maupun keluar wilayah Kabupaten Probolinggo  khususnya wilayah Kecamatan Dringu.

"Hal ini dilakukan guna mengantisipasi dan meminimalisir penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak terutama diwilayah Kabupaten Probolinggo, terlebih ini sudah mendekati hari Raya Idul Adha tentunya lalulintas hewan ternak akan semakin meningkat sehingga harus dilakukan pengawasan secara ketat," kata Serma Rima S.
                       

    
Ia menambahkan, selain melakukan penyekatan petugas juga melakukan sosialisasi dan himbauan kepada pemilik hewan ternak untuk bersama-sama mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku.

Bagi kendaraan pengangkut hewan ternak yang tidak dilengkapi surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) diminta putar balik guna melengkapi SKKH dari tempat asal pembelian ternak tersebut. “Tentunya kita semua berharap wabah penyakit mulut dan kuku yang marak akhir–akhir ini bisa segera ditanggulangi,” pungkasnya.*

Pewarta : Taufiq/Pendim

TerPopuler

> Whatsapp-Button