DPPKB, PP-PA dan Kodim 0108/Agara Gelar Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor Dalam Rangka Harganas Ke- XXIX

Kamis, 16 Juni 2022, 17:20 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Agara - Dalam Rangkaian Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke- XXIX Tahun 2022 Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB.PP-PA) Kabupaten Aceh Tenggara, melalui Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga melaksanakan Pelayanan KB Serentak dengan Capayan target untuk 2500 Akseptor,  Wilayah Aceh Tenggara (Agara).

Diadakan dengan Secara gratis, di seluruh pasilitas Kesehatan (Paskes) se-Kecamatan, Kabupaten Aceh Tenggara. Sekaligus bersama, Pelayanan KB- Kes, Kodim 0108/Agara.

Adapun dalam rangka meningkatkan kepesertaan KB MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) serta menjaga keberlangsungan pemakaian kontrasepsi bagi Pasangan Usia Subur (PUS), Rabu (15/06/2022) pukul 09.00, sampai dengan selesai.

Pengendalian jumlah penduduk sangat penting dilakukan sebagai upaya menjaga keselamatan ibu dan anak serta kesejahteraan keluarga.

Dalam pelaksanaannya, petugas terjun langsung ke Pasilitas Kesehatan (Paskes) di seluruh Kecamatan Aceh Tenggara guna untuk memberikan pelayanan KB secara gratis. Dimana bagi calon peserta Akseptor KB MKJP semua akseptor, membawa identitas diri berupa, fotocopy KTP/KK dan KIS untuk dapat menerima Pelayanan KB MKJP.

Sementara dalam pelayanan ini, Terdapat 5 (Lima) jenis pelayanan KB, Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yang diberikan antara lain, (IUD, Implant, Suntik, Pil KB, dan Condom).

Mekanismenya, setiap ibu-ibu yang ingin memasang KB terlebih dahulu diberikan pemahaman agar ke depannya kondisi yang bersangkutan tetap sehat.

Pada kegiatan ini dihadiri pula Kepala Dinas, Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DPPKB PP-PA) Kadis, Budi Afrizal, SKM., MKM. Bersama Dandim, 0108/Agara, Letkol, Inf, Robbi Firdaus, S.E, M.Si., Kabupaten Aceh Tenggara, Beliau meninjau langsung pelayanan KB yang dilaksanakan dan dihadiri oleh setiap ibu-ibu Desa setempat serta Perbekel Desa Pejarakan juga turut hadir meninjau pelaksanaan pelayanan KB serta mengucapkan terima kasih atas layanan KB gratis yang diberikan kepada masyarakatnya, dimana masyarakat Desa pun cukup antusias terhadap program ini.*

(Dalisi)

TerPopuler

> Whatsapp-Button