Kodim 1616/Gianyar Gelar Simulasi Bencana

Selasa, 18 Oktober 2022, 17:06 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Gianyar - Bertempat di Yapinatim Madrasah Tsanawiyah 45 Lingkungan/Kelurahan Samplangan Kecamatan Gianyar  dilaksanakan kegiatan Simulasi Bencana dalam rangka Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana Kodim 1616/Gianyar TA. 2022 dengan tema "Bersama TNI Membangun Bangsa" yang diselenggarakan oleh Kodim 1616/Gianyar bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Gianyar. Selasa (18/10/2022).

Sambutan Dandim 1616/Gianyar yang dibacakan oleh Pasiter Kodim 1616/Gianyar, Kapten Inf. Hengky Hestoveri menyampaikan bencana merupakan peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu pola kehidupan normal masyarakat serta menyebabkan kerugian-kerugian besar terhadap jiwa harta dan struktur sosial masyarakat, yang melebihi kemampuan masyarakat yang tertimpa bencana.

Penanggulangan bencana adalah suatu proses yang dinamis berlanjut dan terpadu untuk meningkatkan kualitas langkah-langkah yang berhubungan dengan observasi dan analisis serta pencegahan kesiapsiagaan penanganan darurat rehabilitas dan rekonstruksi yang diakibatkan oleh bencana. 


Melalui program pembinaan masyarakat tanggap bencana yang diselenggarakan oleh Kodim 1616/Gianyar dengan mengangkat tema Bersama TNI Membangun Bangsa adalah suatu wujud kepedulian TNI kepada masyarakat di wilayahnya untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam dengan tujuan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan bila terjadi bencana alam, melakukan antisipasi dini guna mencegah semaksimal mungkin kerugian dan akan ditimbulkan bila terjadi bencana alam. 

"Untuk itu pada kesempatan ini saya mengajak para hadirin sekalian untuk senantiasa menjaga kehidupan masyarakat sosial dan keharmonisan memelihara keseimbangan, keserasian, keselarasan dan keselestarian lingkungan hidup beserta upaya-upaya lainnya dalam mencegah terjadinya bencana alam," pungkasnya.

Kegiatan simulasi bencana diikuti oleh Pasiter Kodim 1616/Gianyar, Kapten Inf. Hengky Hestoveri beserta 4 orang, Kepala Sekolah Yapinatim Madrasah Tsanawiyah 45 Gianyar, Dra. Andrianai, MA, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Gianyar  Sdr. Dewa Agung Kasumayuda beserta 4 orang, Babinsa Kelurahan Samplangan, Sertu Komang Yudi dan Para Siswa Yapinatim Madrasah Tsanawiyah 45 Gianyar 60 orang.*

(Arifin/Lilik)

TerPopuler

> Whatsapp-Button