Sambut HUT ke 65, Kodam IX/Udayana Sumbang Ratusan Kantong Darah dan Gelar Sentra Vaksinasi

Saturday, May 14, 2022, 17:23 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Badung - Memperingati HUT ke-65 Kodam IX/Udayana yang jatuh pada 27 Mei 2022 mendatang. Kodam IX/Udayana menggandeng Komunitas Perempuan Jenggala dan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali menggelar kegiatan Bakti Sosial Donor Darah dan Vaksinasi yang dilaksanakan di Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Sabtu (14/5/2022).

Mengawali kegiatan, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Irdam IX/Udayana Brigjen TNI Tatan Ardianto, S.I.P., mengucapkan, terima kasih dan selamat datang kepada Komunitas Perempuan Jenggala, PMI Provinsi Bali dan para medis serta para pendonor atas partisipasi dan kesediaannya untuk melaksanakan kegiatan donor darah dan Vaksinasi kali ini.

"Kegiatan Bakti Sosial Vaksinasi dan Donor Darah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Kodam IX/Udayana bersama Perempuan Jenggala untuk mendukung program pemerintah dalam upaya membantu kesulitan masyarakat guna memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat di wilayah Kodam IX/Udayana," jelas Pangdam.

Lebih lanjut diungkapkan Pangdam, bahwa pada kegiatan donor darah kali ini menargetkan 300 kantong darah untuk mendukung pemenuhan ketersediaan darah di wilayah Kodam IX/Udayana khususnya di Provinsi Bali. Terlebih, dimasa pandemi Covid-19 saat ini jumlah cadangan darah yang tersedia cenderung menurun, sedangkan kebutuhan darah bagi masyarakat meningkat.

"Terima kasih kepada para pendonor yang dengan tulus ikhlas menyumbangkan darahnya. Mudah-mudahan ketulusan hati bapak-bapak dan ibu-ibu untuk menyumbangkan darahnya dapat meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita yang membutuhkan darah. Seperti slogan yang sering kita baca dan dengar bahwa setetes darah sangat berarti bagi nyawa seseorang," ungkap Pangdam.


Mengakhiri sambutannya, Pangdam mengajak masyarakat untuk menjadikan donor darah sebagai gaya hidup yang menyehatkan karena jika ditinjau dari segi kesehatan, donor darah memiliki manfaat positif bagi pendonor, antara lain dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis dan mendeteksi penyakit serius secara dini.

Sementara itu, Ketua Komunitas Perempuan Jenggala Vicky Widyani Kartiwa dalam sambutannya mengatakan, sebagai organisasi sosial, Perempuan Jenggala tergerak untuk membantu pemerintah dalam pemulihan pandemi Covid-19. Menurutnya, selain membantu pemerintah dalam mempercepat vaksinasi Covid-19 pihaknya juga ingin membantu PMI untuk mendapatkan stok ketersediaan darah yang cukup.

"Dalam penyelenggaraan acara ini, kami juga merujuk pada persiapan Bali sebagai tuan rumah KTT G20 tahun 2022 serta pemulihan ekonomi dan kepariwisataan Bali. Kita tahu, Bali sedang dalam persiapan G20 dan memang banyak wisatawan dari luar negeri yang datang ke Bali, sehingga ini juga yang menjadikan Bali sebagai prioritas kami," sebutnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Anggota DPR RI Komisi VI, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO AL, LO AU, Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, Kasiter Korem 163/WSA, Biddokkes Polda Bali, Kadiskes Badung, Ketua DPRD Badung, Pengurus Perempuan Jenggala dan Pengurus PMI Provinsi Bali, serta undangan lainnya.*

(Arifin/Lilik/Kapendam IX/Udayana)

TerPopuler