Ciptakan Lingkungan Bersih, Kades Novan dan Babinsa Kuripan Gencar Laksanakan Kerja Bakti

Sunday, March 12, 2023, 13:25 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Salah satu giat kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti di setiap lingkungan. Kegiatan yang dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah kerja bakti, yang bertujuan untuk membuat lingkungan sehat dan aman di sekitar Desa Menyono Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo yang dilaksanakan secara bergotong royong, Minggu (12/03/2023) pagi.

Kerja bakti tersebut merupakan upaya dalam rangka melancarkan akses masyarakat pengguna jalan, karena banyaknya pepohonan terutama pohon bambu, yang terlalu rimbun, sehingga menutup pandangan jalan, bahkan ada yang melintang ke jalan.

Menurut Novan Kepala Desa Menyono, dirinya sengaja melaksanakan kerja bakti ini, untuk mengamankan akses jalan, takutnya kalau ada warga yang melintas, ada dahan kayu atau pohon bambu yang roboh, sehingga mengganggu perjalanan masyarakat dan alhamdulillah, Babinsa juga bisa bergabung bersama masyarakat, sehingga lebih semangat lagi dalam bekerja bakti.


Sementara itu, anggota Koramil 0820/10 Kuripan, Peltu Sugiarto dalam konfirmasinya membenarkan adanya kerja bakti tersebut. "Ini merupakan bagian dari tugas Babinsa dalam memotivasi kegotong royongan masyarakat, dalam menangani permasalahan di lingkungannya, sekaligus sebagai pembinaan bakti masyarakat, sehingga lebih peduli terhadap lingkungan sekitar," tegasnya.

Lebih lanjut, Kepala Desa Menyono Novan bersama perangkat desa lainnya dengan mengintruksikan kepada masyarakat sekitar melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan sungai dan pohon rindang sepanjang jalan di Dusun Kaligunde RT.13/RW.04.

"Saya selaku kepala desa sangat mengapresiasi atas kekompakan warga dalam melaksanakan kegiatan gotong royong, dan alhamdulillah masyarakat antusias dan mendukung sekali dengan di adakannya gotong royong ini," ujarnya.

Selain untuk menjaga kebersihan, lanjutnya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat khususnya di Desa Menyono. Dengan diadakannya gotong royong dan bersih bersih yang di laksanakan di lingkungan Desa Menyono ini, karena sekarang jamannya musim hujan, selaku kepala desa dirinya tidak mau di lingkungan Desa Menyono ada kebanjiran atau pun hal-hal yang merugikan masyarakat.

"Kerja bakti atau gotong royong ini rutin dilakukannya dalam setiap akhir pekan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, terlebih pada musim penghujan seperti saat ini rentan dengan berbagai penyakit, di antaranya penyakit demam berdarah," tandasnya.*

(Tofa)

TerPopuler